Mardhiyyah, Dilla Ainum (2018) Pengembangan LKS Berbasis Virtual Laboratory Melalui ICT pada Materi Kinematika Gerak Kelas X SMAN 10 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_DILLA_AINUM_MARDHIYYAH_14033027_395_2018.pdf [thumbnail of B1_05_DILLA_AINUM_MARDHIYYAH_14033027_395_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_DILLA_AINUM_MARDHIYYAH_14033027_395_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pembelajaran Fisika menurut kurikulum 2013 dilakukan melalui aktivitas ilmiah seperti pengamatan dan praktikum. Kegiatan praktikum dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar dan meningkatkan kemampuan berpikir siswa. Kenyataan di sekolah menunjukkan bahwa kegiatan praktikum belum diterapkan secara optimal karena terbatasnya peralatan praktikum, waktu pembelajaran, dan pedoman dalam menunjang praktikum seperti LKS juga terbatas, sedangkan sarana dan prasarana ICT di sekolah tersebut lengkap. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah menggunakan virtual laboratory, agar virtual laboratory terlaksana dikembangkanlah LKS berbasis virtual laboratory.LKS tersebut diintegrasikan melalui ICT. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan validitas, praktikalitas, dan efektivitas LKS berbasis virtual laboratory melalui ICT pada materi kinematika gerak kelas X SMA Negeri 10 Padang. Penelitian yang dilakukan adalah Research and development (R&D) dengan sepuluh langkah penelitian. Namun karena keterbatasan waktu penelitian, maka
penelitian LKS berbasis virtual laboratory melaui ICT dilakukan sampai langkah uji coba produk. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian adalah lembar uji validitas, lembar uji praktikalitas, lembar uji efektivitas berupa soal pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validitas produk, analisis praktikalitas produk, dan analisis efektivitas produk. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan terdapat tiga hasil penelitian.Pertama, hasil validitas LKS berbasis virtual laboratory melalui ICT pada materi kinematika gerak adalah valid dengan nilai rata-rata validitasnya 70,27. Kedua, hasil praktikalitas LKS berbasis virtual laboratory melalui ICT pada materi kinematika gerak adalah sangat praktis dengan nilai rata-rata raktikalitasnya
menurut guru 88,07 dan menurut siswa 90,8. Ketiga, LKS berbasis virtual laboratory melalui ICT pada materi kinematika gerak efektif digunakan digunakan dalam pembelajaran Fisika Kelas X terlihat dari nilai t
. Nilai t hitung sebesar -10.5 sedangkan nilai t
sebesar -1.71.tabel hitung < ttabel
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 28 May 2025 05:52 |
Last Modified: | 28 May 2025 05:52 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12632 |