Hubungan Kompetensi Literasi Digital dengan Hasil Belajar Geografi dikelas X IPS SMA Negeri 1 Payakumbuh

Reffakhri, Dirga (2023) Hubungan Kompetensi Literasi Digital dengan Hasil Belajar Geografi dikelas X IPS SMA Negeri 1 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_DIRGA_REFFAKHRI_18045097_1681_2023.pdf] Text
B1_01_DIRGA_REFFAKHRI_18045097_1681_2023.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui seberapa besar kompetensi
literasi siswa kelas X IPS
SMA N 1 Payakumbuh. (2) Untuk mengetahui
seberapa besar pencapaian hasil belajar siswa X IPS SMA N 1 Payakumbuh.(3)
Untuk mengetahui hubungan antara kompetensi literasi digital dengan hasil
belajar siswa kelas X IPS SMA N 1 Payakumbuh
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif
dengan menggunakan korelasional, subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS
1, X IPS 2 dan X IPS 3 di SMA Negeri 1 Payakumbuh. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini yaitu offline dengan menggunakan angket kertas, dibagikan
lansung kepada siswa, Teknik sampling menggunakan total sampling, dengan
jumlah sampel yaitu sebanyak 94 siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa diketahui bahwa (1) kompetensi
literasi digital di kelas X IPS SMA Negeri 1 Payakumbuh tahun pelajaran
2021/2022 dalam kategori cukup kuat, Dari 94 peserta didik yang menjadi
responden, Frekuensi tertingi terdapat pada interval skor 61 – 64 dengan jumlah
responden 34 atau sebesar 35 %. , yang artinya penerapan kompetesin literasi
digital ini dirasa cukup kuat mempengaruhi hasil belajar peserta didik. (2) Hasil
belajar peserta didik di kelas X IPS SMA Negeri 1 Payakumbuh tahun pelajaran
2021/2022 terbanyak dari kriteria dalam kategori cukup kuat yakni 36 %. Yang
artinya sebanyak 36 % dari total seluruh responden dalam penelitian ini tergolong
memiliki hasil belajar yang cukup kuat atau dapat diartikan hasil belajar peserta
didik cukup kuat dalam mencukupi kriteria kelulusan minimal. (3) Kompetensi
literasi digital mempunyai pengaruh positif terhadap hasil belajar, yang artinya
kompetensi literasi digital akan dapat menaikan hasil belajar peserta didik , jika
tidak ada kompetensi literasi digital maka hasil belajar tidak akan mengalami
peningkatan dengan asumsi variabel-variabel lain yang dapat mempengaruhi
dianggap tetap, ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi literas digital
dengan hasil belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Payakumbuh Tahun
Pelajaran 2021/2022. Hasil perhitungan analisis regresi linier sederhana diperoleh
a = 45.039 dan b = 0,286, jadi Y = 45.039 + 0,286 X. maka dapat disimpulkan
bahwa variabel X memiliki pengaruh terhadap variabel Y. Jika nilai Sig. lebih
kecil dari α = 0,05 maka dapat dikatakan signifikan. Dari hasil perhitungan
diperoleh nilai Sig. = 0,009 < 0,05 sehingga dapat dikatakan signifikan. pengaruh
kompetensi literasi digital terhadap hasil belajar adalah sebesar 43,1%).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Literasi Digital, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1
Depositing User: Aditya Shawfani S.Pd
Date Deposited: 10 Feb 2025 08:50
Last Modified: 10 Feb 2025 08:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1263

Actions (login required)

View Item
View Item