Hubungan antara Sikap Guru Terhadap Siswa dengan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Padang Panjang

Amriansyah, Irvan (2010) Hubungan antara Sikap Guru Terhadap Siswa dengan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_IRVAN_AMRIANSYAH_18570_5898_2016.pdf] Text
B1_2_IRVAN_AMRIANSYAH_18570_5898_2016.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of B1_2_IRVAN_AMRIANSYAH_18570_5898_2016.pdf] Text
B1_2_IRVAN_AMRIANSYAH_18570_5898_2016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang hasil belajar
sejarahnya di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dan buruknya sikap
guru terhadap siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
apakah terdapat hubungan antara sikap guru terhadap siswa dengan hasil belajar
sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Padang Panjang.
Penelitian ini digolongkan penelitian Ex Post Facto. Populasi dari
penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Padang Panjang yang
berjumlah 138 orang. Teknik penarikan sampel adalah random sampling dengan
jumlah sampel sebanyak 35 orang. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu
variabel bebas (sikap guru terhadap siswa) dan variabel terikat (hasil belajar
sejarah siswa). Data sikap guru terhadap siswa dikumpulkan dengan angket yang
diisi oleh siswa. Data hasil belajar sejarah siswa didapatkan dari buku nilai
pegangan guru mata pelajaran Sejarah. Teknik analisis data menggunakan analisis
deskriptif dan analisis inferensial yakni uji normalitas dengan rumus Lillifors dan
uji hipotesis dengan rumus corelation product moment.
Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi rhitung 0,362
> rtabel 0,334. Hal ini berarti secara umum terdapat hubungan antara sikap guru
terhadap siswa dengan hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2
Padang Panjang. Selain itu, dari hasil uji hipotesis per indikator menunjukkan
bahwa 4 (empat) indikator sikap guru terhadap siswa memiliki hubungan dengan
hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS. Indikator sikap guru terhadap siswa yang
memiliki korelasi dengan hasil belajar Sejarah tersebut terdiri dari membantu
mengembangkan sikap positif pada diri siswa, bersikap terbuka kepada siswa,
menampilkan kegairahan dan kesungguhan dalam kegiatan belajar mengajar dan
dalam mata pelajaran yang diajarkan, dan mengelola interaksi perilaku dalam
kelas. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi
antara sikap guru terhadap siswa dengan hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS
SMA N 2 Padang Panjang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > CB History of civilization
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 28 May 2025 05:51
Last Modified: 28 May 2025 05:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12628

Actions (login required)

View Item
View Item