Susanto, Didi (2019) Pembelajaran Seni Rupa untuk Anak Berkebutuhan Khusus Jenjang SMA di SLB Perwari Ulak Karang Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_Didi_Susanto_15020058_208_2019.pdf [thumbnail of B1_05_Didi_Susanto_15020058_208_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_Didi_Susanto_15020058_208_2019.pdf
Download (2MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pembelajaran seni rupa dan melihat bentuk pelaksanaan pembelajaran seni rupa untuk anak berkebutuhan khusus jenjang SMA di SLB Perwari Ulak Karang Padang, serta untuk menganalisis upaya yang di lakukan sekolah dalam rangka meningkatkan profesionalitas Guru untuk memaksimalkan peran mata pelajaran seni rupa
kepada anak berkebutuhan khusus jenjang SMA di SLB Perwari Ulak Karang Padang. Pembelajaran seni rupa merupakan pembelajaran kesenian yang diajarkan pada setiap jenjang pendidikan, menjadi kewajiban bagi pemerintah dan pihak
sekolah untuk memberi pembelajaran seni rupa kepada siswa sesuai dengan keadaan yang dimiliki siswanya.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang mengambil lokasi di
SLB Perwari Ulak Karang Padang. Subyek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran jenjang SMA dan kepala sekolah SLB Perwari Ulak Karang Padang.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran seni rupa untuk ABK jenjang SMA mulai dari Perencanaan, Pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran di SLB. Pelaksanaan pembelajaran seni rupa diawali dengan langkah-langkah penyusunan perencanaan pembelajaran melalui penyusunan program yang
disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik yang bersangkutan. Selanjutnya penelitian ini juga melihat apa saja upaya yang dilakukan sekolah dalam meningkatkan profesionalitas seorang guru.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 28 May 2025 05:50 |
Last Modified: | 28 May 2025 05:50 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12622 |