Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan dalam Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas X3 SMAN 5 Padang dan Upaya Guru dalam Mengatasinya

Syahrial, Almira (2016) Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan dalam Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas X3 SMAN 5 Padang dan Upaya Guru dalam Mengatasinya. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_ALMIRA_SYAHRIAL_12100_3844_2016.pdf] Text
B1_2_ALMIRA_SYAHRIAL_12100_3844_2016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran sejarah. Penelitin ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan siswa kelas X3 dalam pembelajaran sejarah di SMAN 5 Padang dan usaha-usaha yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar tersebut.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian di SMAN 5 Padang. Data diambil dari guru sejarah dan siswa kelas X3 SMAN 5 Padang, melalui observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah Model Miles Hubberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dalam proses pembelajaran sejarah, masih ada siswa yang mengalami kesulitan belajar. Kesulitan terlihat dalam hal pemahaman tentang materi pelajaran, penyebabnya adalah siswa kesulitan dalam berkonsentrasi dalam belajar sehingga sulit memahami pelajaran yang diterangkan oleh guru, kesulitan dalam penggunaan bahasa, penyebabnya adalah siswa sulit menentukan kata-kata yang memiliki persamaan makna saat diskusi atau saat berada di depan kelas, dan kesulitan dalam mencari sumber belajar penyebabnya adalah terbatasnya buku yang disediakan oleh perpustakaan. Upaya yang telah dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa adalah dengan mengadakan pendalaman materi kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar, melatih mental siswa dalam berbicara di depan kelas dan menyediakan buku-buku sumber dari rumah yang tidak tersedia di perpustakaan untuk dibagikan kepada siswa.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pada proses pembelajaran sejarah di SMAN 5 Padang masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar. Dan upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi siswa yang mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran masih belum terlaksana secara maksimal.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENYEBAB KESULITAN DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 28 May 2025 00:51
Last Modified: 28 May 2025 00:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12615

Actions (login required)

View Item
View Item