Kontribusi Buku Edupark Fisika Mifan Waterpark Padang Panjang untuk Meremediasi Miskonsepsi Siswa Materi Usaha dan Energi di Kelas X IPA SMAN 1 2x11 Kayutanam

Syahfitri, Dian (2020) Kontribusi Buku Edupark Fisika Mifan Waterpark Padang Panjang untuk Meremediasi Miskonsepsi Siswa Materi Usaha dan Energi di Kelas X IPA SMAN 1 2x11 Kayutanam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_DIAN_SYAHFITRI_16033041_1638_2020.pdf] Text
B1_05_DIAN_SYAHFITRI_16033041_1638_2020.pdf

Download (561kB)

Abstract

Keberhasilan proses pembelajaran ditentukan saat pembelajaran yang diterapkan guru mampu mengubah diri siswa. Kaitannya dengan pembelajaran fisika di SMA, guru perlu berusaha memotivasi siswa mempelajari konsepkonsep fisika
yang penting dikuasai siswa, agar konsep-konsep yang
disampaikan dapat diterima dengan baik oleh siswa. Namun kenyataan di lapangan belum sesuai dengan harapan, seperti miskonsepsi yang terjadi pada diri siswa sehingga
hasil belajar siswa rendah dan tidak mencapai KKM. Solusinya adalah remediasi menggunakan buku Edupark Mifan Waterpark Padang Panjang yang diharapkan dapat menurunkan miskonsepsi yang terjadi pada siswa secara signifikan. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas remediasi menggunakan buku ajar Edupark Mifan Waterpark Padang Panjang pada materi usaha dan energi di kelas X IPA SMAN 1 2x11 Kayutanam. Bentuk penelitian ini berupa pre-experimental design dengan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa
kelas X IPA SMA Negeri 1 2x11 Kayutanam. Teknik Pengambilan sampel dilakukan dengan Intact Group. Sampel penelitian adalah kelas X IPA 3 SMA Negeri 1 2x11 Kayutanam. Analisis data untuk penurunan miskonsepsi dan efektivitas dilakukan dengan statistik deskriptif, uji validitas, dan uji reliabilitas.
Dari hasil analisis data dapat dikemukakan bahwa buku ajar Edupark Mifan Waterpark Padang Panjang efektif untuk membetulkan miskonsepsi siswa dengan tingkat efektivitas tergolong efektif yaitu 0,34 untuk tiap siswa dan 0,31 untuk
tiap konsep. Rata-rata persentase penurunan miskonsepsi siswa sebesar 34,41% tiap siswa dan 30,81% tiap konsep. Secara keseluruhan hasil perhitungan,penerapan buku ajar Edupark Mifan Waterpark Padang Panjang efektif
menurunkan jumlah siswa yang mengalami miskonsepsi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 28 May 2025 00:33
Last Modified: 28 May 2025 00:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12605

Actions (login required)

View Item
View Item