Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Profesional guru terhadap Komitmen Kerja Guru di SMP Negeri Kota Sungai Penuh

Feres, Resven (2021) Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Profesional guru terhadap Komitmen Kerja Guru di SMP Negeri Kota Sungai Penuh. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_RESVEN_FERES_17147023_1131_2021.pdf] Text
B1_1_RESVEN_FERES_17147023_1131_2021.pdf

Download (583kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan peneliti di SMP Negeri Kota Sungai Penuh yang menunjukkan komitmen kerja guru masih rendah. Banyak faktor yang mempengaruhi komitmen kerja guru, diantaranya kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi profesional guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi profesional guru terhadap komitmen kerja guru di SMP Negeri Kota Sungai Penuh. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini: 1) Kepemimpinan kepala sekolah berkontribusi terhadap komitmen kerja guru, 2) Kompetensi profesional guru berkontribusi terhadap komitmen kerja guru, 3) Kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi profesional guru secara berama-sama berkontribusi terhadap komitmen kerja guru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMP Negeri Kota Sungai yang berjumlah 334 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 98 orang yang diambil dengan teknik Stratified proportional random sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket model skala likert yang telah diuji kesahihan dan kehandalannya. Data dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi Hasil penelitian data menunjukkan bahwa: 1) Kepemimpinan kepala sekolah berkontribusi terhadap komitmen kerja guru sebesar 27,2%, 2) Kompetensi profesional guru berkontribusi terhadap komitmen kerja guru sebesar 41,1%, 3) Kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi profesional guru secara bersama-sama berkontribusi terhadap komitmen kerja guru sebesar52,3%.Selanjutnyahasilanalisis deskriptif mengungkapkan bahwa komitmen kerja guru, kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi professional guru sama-sama berada pada kategoricukup dengan capaian skor (79,20%, 77,94% dan 79,26% dari skor ideal).Temuan di atas mengimplikasikan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi profesional guru adalah faktor yang memiliki kontribusi terhadap komitmen kerja guru, akan tetapi masih banyak faktor lain yang ikut berpengaruh terhadap komitmen kerja guru yang tidak dikaji dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Guru; Kepemimpinan; Kompetensi Profesional; Komitmen Kerja; Kepala Sekolah
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Wiwi Sartika S.Sos
Date Deposited: 21 Jan 2025 01:26
Last Modified: 21 Jan 2025 01:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/126

Actions (login required)

View Item
View Item