Strategi Pembelajaran pada Pelatihan Bahasa Inggris di Kampung Inggris Sungkai Kota Padang

Novri, M (2019) Strategi Pembelajaran pada Pelatihan Bahasa Inggris di Kampung Inggris Sungkai Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_M_NOVRI_15005070_5828_2019.pdf] Text
B1_4_M_NOVRI_15005070_5828_2019.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik pada pelatihan Bahasa Inggris di Kampung Inggris Sungkai Kota Padang. Hal ini dibuktikan dengan minat dan partisipasi peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran, adanya peningkatan kemampuan peserta didik yang signifikan, adanya peraturan-peraturan yang membantu peserta didik untuk mencapai hasil belajar yang diinginkan, adanya sumber belajar yang berkualitas dan berprestasi, tingginya tingkat keberhasilan peserta didik dalam mengikuti pelatihan ini. Peneliti menduga penyebab hasil belajar yang baik dari peserta didik karena strategi pembelajaran yang diterapkan pada pelatihan Bahasa Inggris di Kampung Inggris Sungkai Kota Padang ini. Penelitian ini bertujuan untuk melihat metode pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, dan teknik pembelajaran pada pelatihan Bahasa Inggris di Kampung Inggris Sungkai Kota Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik pada pelatihan Bahasa Inggris di Kampung Inggris Sungkai Kota Padang yang berjumlah 20 orang . Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Sampel Jenuh. Sampel di ambil sebanyak 100% dari populasi karena populasi kurang dari 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Sedangkan alat pengumpulan data adalah kuisioner berupa daftar pernyataan. Teknik analisis data menggunakan rumus presentase.
Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pembelajaran pada pelatihan Bahasa Inggris di Kampung Inggris Sungkai Kota Padang ialah (a) strategi pembelajaran pada aspek metode pembelajaran sudah sangat baik (b) strategi pembelajaran pada aspek media pembelajaran sudah sangat baik (c) strategi pembelajaran pada aspek sumber belajar sudah sangat baik (d) strategi pembelajaran pada aspek teknik pembelajaran sudah sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan presentase jawaban peserta didik yang mencapai 83, 90%. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan lembaga tetap mempertahankan strategi pembelajaran yang diterapkan pada pelatihan Bahasa Inggris di Kampung Inggris Sungkai Kota Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategy, learning, result, study
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 27 May 2025 07:03
Last Modified: 27 May 2025 07:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12588

Actions (login required)

View Item
View Item