Kontribusi Penggunaan Aplikasi Edmodo dan Kreativitas Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Simulasi Digital (SIMDIG) Kelas X RPL di SMK N 2 Padang Panjang

Aditya, Dhebi (2018) Kontribusi Penggunaan Aplikasi Edmodo dan Kreativitas Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Simulasi Digital (SIMDIG) Kelas X RPL di SMK N 2 Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_DHEBI_ADITYA_1302933_4025_2018.pdf] Text
B1_05_DHEBI_ADITYA_1302933_4025_2018.pdf

Download (767kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan besarnya konstribusi penggunaan aplikasi edmodo dan kreativitas belajar tehadap hasil belajar mata pelajaran Simulasi Digital (SIMDIG) kelas X RPL di SMK N 2 Padang Panjang
Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah kurang optimalnya hasil belajar pada mata pelajaran Simulasi Digital (SIMDIG) kelas X RPL di SMK N 2 Padang Panjang, dimana 55,05% siswa mendapatkan nilai hasil
belajar dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM yang ditetapkan sekolah pada mata pelajaran SIMDIG yaitu 75 dengan rentang nilai 0 – 100.Penyebab kurang optimalnya hasil belajar siswa diduga karena rendahnya kreativitas belajar yang dimiliki siswa dan kurang optimalnya pemanfaatan aplikasi edmodo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian berjumlah 89 orang dan sampel berjumlah 51 orang siswa kelas X
Rekayasa Perangkat Lunak di SMK N 2 Padang Panjang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (Simple Random Sampling). Data hasil belajar siswa diperoleh dari guru mata pelajaran Simulasi Digital SMK N 2 Padang Panjang.
Sedangkan data penggunaan aplikasi edmodo dan kreativitas belajar dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data di analisis menggunakan metode statistik korelasi dengan
bantuan software Microsoft Excel 2007 dan SPSS Version 16.0. Hasil analisis data menunjukkan: (1) Penggunaan aplikasi edmodo dan kreativitas belajar secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 31,7% terhadap hasil belajar siswa kelas X Rekayasa Perangkat Lunak SMK N 2 Padang Panjang; (2) Penggunaan aplikasi edmodo memberikan kontribusi sebesar 17% terhadap hasil belajar siswa
kelas X Rekayasa Perangkat Lunak SMK N 2 Padang Panjang; (3) Kreativitas belajar memberikan kontribusi sebesar 9% terhadap hasil belajar siswa kelas X Rekayasa Perangkat Lunak SMK N 2 Padang Panjang. Jadi dapat disimpulkan
penggunaan aplikasi edmodo dan kreativitas belajar berkontribusi terhadap hasil belajar. Semakin tinggi kreativitas belajar dan semakin optimal penggunaan
aplikasi edmodo, maka hasil belajar akan semakin optimal.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 27 May 2025 05:33
Last Modified: 27 May 2025 05:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12576

Actions (login required)

View Item
View Item