Harti, Laspida (2014) Pengembangan Model Bahan Materi Ajar Sastra Anak Berbasis Konteks lingkungan. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_9_LASPIDA_HARTI_11061_2068_2014.pdf [thumbnail of B1_9_LASPIDA_HARTI_11061_2068_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_9_LASPIDA_HARTI_11061_2068_2014.pdf
Download (972kB)
Abstract
Proses pembelajaran hendaknya mampu menyemai nilai-nilai luhur karakter budaya
bangsa dan mampu menjawab tantangan masa depan. Oleh sebab itu, perlu adanya model
pembelajaran yang mampu menjawab semua tantangan kehidupan dengan tidak meninggalkan
nilai-nilai luhur karakter budaya bangsa sendiri. Model tersebut adalah pembelajaran berbahan ajar
sastra yang berbasis konteks lingkungan.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsi: (1) kondisi real pembelajaran sastra di Sekolah
Dasar sebagai analisis kebutuhan, (2) prosedur pengembangan model bahan ajar sastra anak
berbasis konteks lingkungan, (3) bentuk pengembangan model bahan ajar sastra anak berbasis
konteks lingkungan, (4) karakteristik pengembangan model bahan ajar sastra anak berbasis
konteks lingkungan.
Penelitian ini secara metodologis termasuk penelitian pengembangan (R and D).
Penelitian ini berorientasi pada pengembangan produk pengembangan model bahan ajar sastra
anak berbasis konteks lingkungan. Secara prosedural, penelitian ini menggunakan tahapan model
ADDIE. Pengumpulan data dilakukan secara kualitatif (observasi dan wawancara) dan kuantitatif
(angket dan tes). Penganalisisan data kualitatif dengan tahapan (reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan), dan analisis data kuantitatif dengan tahapan ( penskoran, penilaian,
pengklasifikasikan nilai, penetuan rata-rata dan penyimpulan).
Hasil penelitian: (1) kondisi real pembelajaran sastra di Kelas V Sekolah Dasar: (a) tahap
persiapan: guru belum mengemas bahan ajar sastra berbasis karakteristik lingkungan siswa, hanya
mengandalkan buku teks dan LKS, (b) tahap pelaksanaan kegiatan pembelajaran sastra belum:
berpusat pada siswa, menjadikan bahan sastra sebagai sumber belajar, memberikan pengalaman
bersastra, meciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan menantang, (c) tahap penilaian:
belum berbasis karakteristik lingkungan siswa (baik kognittif, psikomotor maupun afektif), (2)
prosedur yang dilakukan dalam pengembangan model: analisa Kurikulum, analisa konsep, dan
analisa siswa, (3) bentuk pengembangan model: (a) Silabus: SK dan KD kkhusus sastra, (b)
Bahan: berbasis konteks lingkungan, (c) RPP: kegiatan pembelajaran (berpusat pada siswa,
memberikan pengalaman bersastra, memberikan pembelajaran yang menyenangkan dan
menantang), (d) Metode: bervariasi (langsung, berkisah, peragaan, diskusi, tanya jawab, dan
inkuiri) (e) Evaluasi: proses belajar dan hasil belajar, dan (4) karakteristik pengembangan model:
(a) sesuai dengan tujuan pembelajaran sastra, (b) berdasarkan dasar teori-teori pembelajaran, (c)
relevan dan berbasis konteks lingkungan siswa, (d) berorientasi pada perencanaan proses kegiatan
pembelajaran yang aktif dan menyenangkan, (e) tema-tema sastra memiliki kebermanfaatan dan
kebermaknaan terhadap perkembangan kematangan pengetahuan pengalaman belajar sastra, serta
mengembangkan emosional, sosial siswa, dan (f) mampu mengembangkan empat kompetensi
berbahasa.
Hasil uji coba penerapan pengembangan model bahan ajar sastra anak berbasis konteks
lingkungan yang telah dilakukan di sekolah tingkat tinggi ( high level) dan tingkat rendah (law
level) diyatakan valid, praktis dan efektif. Pengembangan model bahan ajar sastra anak berbasis
konteks lingkungan ini dapat menjawab permasalahan kebutuhan guru akan bahan ajar sastra
berbasis konteks lingkungan dan penuntun membelajarkan sastra yang menyenangkan dan
menantang di kelas V Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (Doctoral/Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Materi Ajar Sastra Sastra Anak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 27 May 2025 05:32 |
Last Modified: | 27 May 2025 05:32 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12561 |