Pembentukan Sikap dan Perilaku Demokrasi Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Studi di Sekolah Menengah Atas Kota Padang

Hasan, Helmi (2011) Pembentukan Sikap dan Perilaku Demokrasi Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Studi di Sekolah Menengah Atas Kota Padang. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_9_HELMI_HASAN_62545_3733_2012.pdf] Text
B1_9_HELMI_HASAN_62545_3733_2012.pdf

Download (167kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah pelaksanaan pembelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan yang lebih mengutamakan aspek kognitif, sementara aspek sikap dan
perilaku terabaikan. Pada hal Pendidikan Kewarganegaraan di era Reformasi bertujuan
membentuk warganegara yang baik, cerdas, bertanggung jawab, dan berpartisipasi
dalam rangka mengembangkan warganegara yang demokratis menuju masyarakat
demokratis.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis
pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Kota Padang dan
menemukan model pembelajaran pendidikan kewarganegaran yang tepat untuk
pembentukan sikap dan perilaku demokrasi siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Populasinya
guru-guru PKn kota Padang dan sampel diambil dengan proportional stratified random
sampling. Informannya adalah pengawas sekolah, pengurus MGMP, guru-guru PKn,
Kepala sekolah dan wakil siswa.Data penelitian diperoleh dengan angket, wawancara,
observasi, dan studi dokumenter.
Dari hasil analisis ditemukan bahwa pembentukan sikap dan perilaku demokrasi
melalui pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Kota Padang belum
terlaksana dengan baik. Pembelajaran yang berlangsung selama ini lebih banyak tertuju
kepada ranah pengetahuan ( kognitif), sedangkan ranah afektif dan perilaku demokrasi
terabaikan. Hal ini terlihat dari berbagai aspek seperti pendekatan, metode, teknik
pembelajaran yang digunakan guru, serta suasana pembelajaran.
Pendekatan pembelajaran yang digunakan umumnya ekspositori, dengan pola
pikir deduktif, sedangkan metode pembelajarannya cenderung ceramah, tanya jawab dan
penugasan. Pembelajaran yang inovatif menurut teori konstruktivistik, behavioristik,
dan humanistik dengan contectual teaching and learning, cooperative learning, dan
discovery yang mengarah kepada pembentukan sikap dan perilaku demokrasi belum
terealisir dengan baik. Penyebabnya diantaranya adalah karena belum terlatihnya guru
menggunakan model pembelajaran yang inovatif tersebut dan rendahnya komitmen.
Dilihat dari materi pembelajaran yang dirumuskan dalam kurikulum, pada dasarnya
sudah sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar.
Berdasarkan kondisi riil pelaksanaan pembelajaran PKn tersebut disusun model
hipotetik sistematik pembentukan sikap dan perilaku demokrasi dalam pembelajaran
PKn yang dapat digunakan oleh guru-guru PKn. Model ini telah didiskusikan dalam
kelompok diskusi terfokus

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Pembentukan Sikap Pendidikan Kewarganegaraan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 27 May 2025 05:31
Last Modified: 27 May 2025 05:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12560

Actions (login required)

View Item
View Item