Pengembangan Model Pembelajaran Kalkulus Berdasarkan Teori APOS (Aksi, Proses, Objek, Skema)

Hanifah, Hanifah (2015) Pengembangan Model Pembelajaran Kalkulus Berdasarkan Teori APOS (Aksi, Proses, Objek, Skema). Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_9_HANIFAH_19446_2783_2015.pdf] Text
B1_9_HANIFAH_19446_2783_2015.pdf

Download (915kB)

Abstract

Berdasarkan penelitian pendahuluan, telah ditemukan bahwa proses pembelajaran
Kalkulus belum berjalan/berlangsung secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan Model Pembelajaran Kalkulus Berdasarkan Teori APOS, dan untuk
mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan model yang dikembangkan.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan rancangan Plomp
yang terdiri dari tiga tahap yaitu: 1) preliminary research, 2) prototyping phase, dan 3)
assesment phase. Pada fase prototipe dilakukan formative evaluation yang terdiri atas
tinjauan ahli, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan ujicoba kelompok besar.
Data validitas dikumpulkan melalui kegiatan validasi oleh para ahli tentang Model
Pembelajaran Kalkulus Berdasarkan Teori APOS, Silabus, Satuan Acara Pembelajaran,
Lembar Kerja dan Pengenalan Maple. Data praktikalitas dikumpulkan melalui pengisian
angket kelayakan oleh: pakar, keterlaksanaan oleh pengamat, keprtaktisan Lembar Kerja
oleh dosen dan mahasiswa. Data efektifitas dikumpulkan melalui pengamatan aktivitas
mahasiswa, pengamatan kemampuan dosen mengelola Model Pembelajaran Kalkulus
Berdasarkan Teori APOS, angket motivasi, angket respon oleh mahasiswa, dan postes.
Data yang terkumpul dianalisis menggunakan statistika deskriptif dan statistika
inferensial.
Hasil dari análisis data menunjukkan bahwa, Pengembangan Model Pembelajaran
Kalkulus Berdasarkan Teori APOS secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar
mahasiswa. Model Pembelajaran Kalkulus II Berdasarkan Teori APOS termasuk
kategori valid, praktis, dan efektif.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah model MPK-APOS sejalan dengan pergeseran
paradigma pendidikan yaitu berpindah dari pembelajaran yang terpusat pada dosen
menjadi pembelajaran yang terpusat pada mahasiswa. Implikasi penelitian ini adalah,
teori APOS dapat diperkenalkan lebih luas pada dosen-dosen matematika untuk
meningkatkan kualitas dari proses pembelajaran. Untuk kelanjutan penelitian ini, kepada
peneliti lain disarankan untuk mengembangkan pada matakuliah yang serupa untuk
menemukan dampak dari teori APOS pada mata kuliah Kalkulus.
Kata Kunci: Pengembangan Model Pembelajaran, Teori APOS, Kalkulus, Kevalidan,
Kepraktisan dan Keefektifan

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Teori APOS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 27 May 2025 05:31
Last Modified: 27 May 2025 05:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12557

Actions (login required)

View Item
View Item