Pengaruh Aspek Kecerdasan Komprehensif dalam Bahan Ajar terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa pada Pembelajaran Fisika di Kelas X SMAN 3 Padang

Anggraini, Dewi (2016) Pengaruh Aspek Kecerdasan Komprehensif dalam Bahan Ajar terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa pada Pembelajaran Fisika di Kelas X SMAN 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_DEWI_ANGGRAINI_1205680_1787_2016.pdf] Text
B1_05_DEWI_ANGGRAINI_1205680_1787_2016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kompetensi siswa pada mata pelajaran Fisika masih belum tercapai dengan baik. Salah satu faktor yang mempengaruhi tidak maksimalnya pencapaian kompetensi siswa adalah penggunaan bahan ajar yang belum berfungsi sebagai
pendukung proses pembelajaran yang tepat bagi siswa dalam mencapai seluruh kompetensi yang diharapkan baik dari aspek sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Oleh sebab itu, peneliti mencoba menerapkan aspek kecerdasan komprehensif dalam bahan ajar yang bertujuan untuk memberikan informasi pendukung kepada siswa dalam meningkatkan kompetensi siswa baik dari
aspek sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh aspek kecerdasan komprehensif
dalam bahan ajar terhadap pencapaian kompetensi siswa pada pembelajaran fisika di kelas X SMAN 3 Padang.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X MIA SMAN 3 Padang yang terdaftar pada tahun
pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel penelitian adalah kelas X MIA 6 sebagai kelas kontrol dan X MIA
7 sebagai kelas eksperimen. Data penelitian ini meliputi kompetensi yang terdiri dari ranah sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan. Instrumen
penelitian berupa lembar observasi untuk kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial,tes tertulis untuk kompetensi pengetahuan, dan rubrik penskoran untuk kompetensi
keterampilan. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji Chi Kuadrat pada taraf nyata 0,05 dengan derajat kebebasan dk 1. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dengan Kriteria penerimaanH
o, yaitu χ2hitung≤ χ2(1-α)(1), setelah dilakukan uji Chi Kuadrat dengan taraf nyata 0,05dan derajat kebebasan 1 harga ttabel untuk semua kompetensi adalah 3,84; t
hitungkompetensi pengetahuan sebesar 4.625; thitung
kompetensi sikap spiritual sebesar 3,34;thitung kompetensi sikap sosial sebesar 1,121; thitung kompetensi keterampilan sebesar2,175. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti dari aspek kecerdasan komperehensif dalam bahan ajar terhadap pencapaian kompetensi siswa pada pembelajaran fisika di kelas X SMAN 3 Padang diterima untuk kompetensi
pengetahuan, dan tidak terdapat pengaruh berarti dari aspek kecerdasan komperehensif dalam bahan ajar terhadap pencapaian kompetensi siswa pada pelajaran fisika di kelas X SMAN 3 Padang untuk aspek sikap spiritual, sikap sosial,
dan keterampilan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 27 May 2025 05:26
Last Modified: 27 May 2025 05:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12548

Actions (login required)

View Item
View Item