Hadi, Devira Islamiati (2018) Efektivitas Pendekatan Konseling Realitas Setting Kelompok untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Dampak Bahaya Narkoba. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_DEVIRA_ISLAMIATI_HADI_1204825_6732_2019.pdf [thumbnail of B1_05_DEVIRA_ISLAMIATI_HADI_1204825_6732_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_DEVIRA_ISLAMIATI_HADI_1204825_6732_2019.pdf
Download (1MB)
Abstract
Remaja seharusnya mengetahui tentang narkoba. Hal ini karena pada usia remaja sangat rentan terhadap penyalahgunaan narkoba maka sekarang saatnya remaja dibekali pengetahuan tentang narkoba, hal ini berarti remaja harus mendapatkan pengetahuan tentang narkoba. Siswa belum banyak mengetahui
tentang dampak bahaya narkoba bagi fisik, dampak bahaya narkoba bagi mental dan dampak bahaya narkoba bagi emosional oleh karena itu tujuan utama dari penelitian ini adalah efektivitas pendekatan konseling realitas setting kelompok
untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang dampak bahaya narkoba Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengam pendekatan model Quasi Experiment, dengan desain penelitian The One Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian ini adalah 10 orang siswa di SMP N 4
Bukittinggi. Metode pengumpulan data menggunakan instrument berupa angket dengan model skala likert. Pengolahan data menggunakan teknik statistik non parametrik dan Uji Wilcoxon dengan bantuan SPSS. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa tentang dampak bahaya narkoba sebelum (Pretest) dan sesudah (Postest) diberikan perlakuan berupa konseling realitas, 1) Secara umum hasil pemahaman siswa
tentang dampak bahaya narkoba sebelum diberikan perlakuan konseling realitas dengan setting kelompok mengungkapkan bahwa jumlah skor rata-rata pretest yaitu 102,2 dengan kategori sedang. 2) Secara umum hasil pemahaman siswa
tentang dampak bahaya narkoba setelah diberikan perlakuan konseling realitas dengan setting kelompok mengungkapkan bahwa jumlah skor rata-rata posttest yaitu 130,2 dengan kategori tinggi. 3) Pendekatan konseling realitas dengan
setting kelompok efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang dampak bahaya narkoba di SMP Negeri 4 Bukittinggi, dengan meningkatnya pemahaman siswa tentang dampak bahaya narkoba maka adanya peningkatan antara hasil pretest dengan hasil posttest .
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 27 May 2025 03:20 |
Last Modified: | 27 May 2025 03:20 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12545 |