Perancangan Company Profile Balai Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi Sumatera Barat Sebagai Media Promosi.

Rahmat, Fadri (2011) Perancangan Company Profile Balai Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi Sumatera Barat Sebagai Media Promosi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_FADRI_RAHMAT_76248_413_2011.pdf] Text
B1_FADRI_RAHMAT_76248_413_2011.pdf

Download (4MB)

Abstract

Di era Globalisasi, aktifitas kehidupan berkembang dengan sangat pesatdan apabila tidak terkontrol akan menimbulkan dampak negatif bagi masyarakatmaupun kelestarian alam. Mengingat pentingnya kelestarian alam bagi mahlukhidup, maka pemerintah mengambil langkah-langkah perlindungan hutan danpelestarian alam. Diantaranya dengan menetapkan kawasan pelestarian alam,kawasan suaka alam, dan kawasan konservasi sumber daya alam.Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) merupakan UnitPelaksana Teknis (UPT) Departemen Kehutanan. Tugas dari Balai KonservasiSumber Daya Alam ini adalah mengelola kawasan konservasi yang ada di daerahmencakup Cagar Alam, Suaka Alam, Suaka Margasatwa, dan Taman WisataAlam. Sedangkan Taman Nasional dikelola oleh UPT tersendiri.Salah satu fungsi Balai Konservasi Sumber Daya Alam adalahmemberikan informasi sumber daya alam hayati dan ekosistem yang terkandungdi dalam kawasan konservasi. Penyampaian informasi ini bisa dilakukan melaluipromosi media cetak maupun elektronik (vidio). Booklet adalah salah satu contohmedia pomosi. Booklet dapat memberikan gambaran tentang keindahan kawasankonservasi dan pengetahuan kepada pelajar, wisatawan dan, peneliti.Tujuan dan manfaat dari perancangan adalah menghasilkan mediakomunikasi yang dapat mengenalkan dan memberikan informasi tentang kawasankonservasi. Perancangan ini menggunakan metode perancangan yang digunakanbersifat deskriptif yang berorientasi pada pemecahan masalah. Sehinggarancangan sesuai dengan yang diharapkan. Perumusan masalah dan identifikasimasalah diangkat dari analisis data yang didapat melalui observasi danwawancara.Program kreatif dalam perancangan company profile Balai KonservasiSumber Daya Alam Sumatera Barat, diarahkan untuk menciptakan sebuahtampilan visual yang sederhana, menarik dan mudah untuk dipahami, hal inididasari pertimbangan dalam pemilihan media yang ditetapkan. Perumusan danmaterial yang dipakai bertujuan agar bisa mencerminkan ciri khas dari BalaiKonservasi Sumber Daya Alam.Perancangan menghasilkan media utama yang berupa Booklet yangberisikan tentang profil Balai Konservasi Sumber Daya Alam mulai dari sejarah,visi dan misi, tujuan, manfaat, organisasi, serta kawasan konservasi. Mediapromosi dilengkapi media pendukung Poster, Stiker, Kalender, Pin, Baju kaos,Block Note, Brosur, Gantungan Kunci, Pulpen, dan Pembatas Buku.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: COMPANY PROFILE,KONSERVASI ALAM,SUMBER DAYA
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Disain Komunikasi Visual-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 27 May 2025 05:26
Last Modified: 27 May 2025 05:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12543

Actions (login required)

View Item
View Item