Irwandi, Irwandi (2012) Pelaksanaan Model Pembelajaran Tematik bagi Siswa Tunagrahita Ringan di SLB Hikmah Reformasi Padang (Deskriptif Kualitatif). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_IRWANDI_01158_2012.pdf [thumbnail of B1_2_IRWANDI_01158_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
B1_2_IRWANDI_01158_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini karena adanya kesulitan yang dialami oleh 
guru kelas dalam pelaksanaan pembelajaran tematik bagi siswa tunagrahita ringan 
di SLB Hikmah reformasi padang.  Fenomana itu terlihat dari kesulitan guru 
dalam menyajikan materi yang mana dalam penyajian materi yang dilakukan 
masih terpisah-pisah sehingga tidak terlihat keterpaduan antara mata pelajaran 
yang ditematikan. selain itu dalam penggunaan metoda pembelajaran guru lebih 
terfokus pada metode ceramah sehingga pembelajaran yang dilaksanakan terlihat 
kurang menarik perhatian siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut maka 
penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang pelaksanaan 
pembelajaran tematik bagi siswa tunagrahita ringan. Penelitian ini  menggunakan 
metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah 
observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan subjek penelitian adalah guru 
kelas. 
Hasil penelitian tentang pelaksanaan pembelajaran tematik dimulai dengan 
menyiapkan program pembelajaran diantaranya menyiapkan silabus dan rencana 
pelaksanaan pembelajaran, memperhatikan kasiapan siswa ataupun guru. Kegiatan 
awal dimulai dari berdoa, absensi, mengkondisikan siswa, dan appersepsi. 
Penyajikan materi yang dilakukan oleh guru masih menjelaskan pelajaran secara 
terpisah sehingga kurang tampak keterpaduan dalam pembelajaran tematik yang 
dilakukan. metode yang digunakan dalam pembelajaran anatar lain ceramah, tanya 
jawab, drill dan penugasan. Kegiatan akhir atau penutup dilakukan dengan cara 
menyimpulkan pelajaran bersama siswa dan memberikan latihan. Kendala yang 
dihadapi guru dalam penyajian materi pembelajaran tematik yaitu guru masih 
kurang mengetahui tentang cara mengaitkan materi pada tiap-tiap mata pelajaran 
yang ditematikkan, guru jarang mengunakan media dalam pelaksanaan 
pembelajaran. 
Usaha yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam penyajian materi 
yaitu melaksanakan pembelajaran/menyajikan materi kembali kemasing-masing 
mata pelajaran dengan kata lain mengajarkan permata pelajaran. namun disisi lain 
guru tetap mencari informasi baik dari teman sebaya maupun dari pihak lain 
tentang cara penyajian materi yang sesuai dengan konsep pembelajaran tematik. 
Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran tematik 
masih berjalan kurang efektif. Saran yang dapat direkomendasikan adalah 
sebaiknya guru harus lebih aktif dalam mencari informasi seperti aktif dalam 
mengikuti rapat/diskusi dari KKG/KKS. Untuk  
pihak sekolah sebaiknya 
mengusahan sarana dan prasarana yang dapat menunjang pembelajaran agar 
berjalan lebih
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 | 
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos | 
| Date Deposited: | 27 May 2025 03:19 | 
| Last Modified: | 27 May 2025 03:19 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12542 | 
 
         