Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika Siswa Kelas X Teknik Elektronika SMKN 1 Bukittinggi.

Saputri, Devi Afrida (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika Siswa Kelas X Teknik Elektronika SMKN 1 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_DEVI_AFRIDA_SAPUTRI_14065003_3271_2018.pdf] Text
B1_05_DEVI_AFRIDA_SAPUTRI_14065003_3271_2018.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika siswa kelas X Teknik Elektronika di SMKN 1 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan quasi experimental dengan desain Intact Group Comparison. Pengambilan
sampel dengan teknik probability sampling menggunakan simple random sampling Sampel penelitian yaitu kelas X
TE 2B sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas X TE
2A sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together. Teknik pengumpulan data dari post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen didapatkan nilai rata-rata 81,13,sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 84,36. Hasil perhitungan
hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan t
hitung < ttabel yaitu -2,466 <2,048, karena thitung kecil dari ttabel,maka hipotesis (H0) diterima dan hipotesis
alternatif (Ha) ditolak. Dapat disimpulkan berarti pada taraf nyata, penelitianini memperlihatkan bahwa, tidak ada pengaruh hasil belajar siswa yang signifikan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning pada
mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika siswa kelas X Teknik Elektronika di SMKN 1 Bukittinggi. Maka dalam penelitian ini model pembelajaran Numbered Heads Together lebih berpengaruh di bandingkan dengan model Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 27 May 2025 03:19
Last Modified: 28 May 2025 00:39
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12541

Actions (login required)

View Item
View Item