Minat Belajar Siswa terhadap Pelajaran di SMP N 26 Padang

Herlina, Detri (2017) Minat Belajar Siswa terhadap Pelajaran di SMP N 26 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_DETRI_HERLINA_1204786_1324_2017.pdf] Text
B1_05_DETRI_HERLINA_1204786_1324_2017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang minat belajar siswa terhadap pelajaran di SMP N 26 Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan minat belajar siswa terhadap pelajaran ditinjau dari: (1) rasa senang dalam belajar, (2) etertarikan dalam belajar, (3) perhatian dalam belajar, dan (4) keterlibatan dalam belajar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah
siswa kelas VII, VIII dan IX di SMP N 26 Padang yang berjumlah 760 siswa. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah stratified random sampling, sehingga
didapat sampel sebanyak 262 siswa. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket dengan model skala likert. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan mengungkapkan bahwa minat belajar siswa terhadap pelajaran ditinjau dari: (1) rasa senang dalam belajar tergolong
tinggi, (2) ketertarikan dalam belajar tergolong tinggi, (3) perhatian dalam belajar tergolong tinggi, dan (4) keterlibatan dalam belajar juga tergolong tinggi. Namun jika
diperhatikan pada setiap item pernyataan di masing-masing indikator, masih terdapat siswa yang masih perlu ditingkatkan minat belajarnya. Berdasarkan hasil penelitian
tersebut, diharapkan kepada guru BK untuk dapat membantu dan membimbing siswa agar dapat mempertahankan dan meningkatkan minat belajar terhadap pelajaran,diantaranya dengan memberikan layanan informasi, layanan penguasaan konten,
layanan konseling individual, layanan bimbingan kelompok, dan layanan konseling kelompok.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 27 May 2025 03:19
Last Modified: 27 May 2025 03:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12537

Actions (login required)

View Item
View Item