Gambaran Aktivitas Belajar Sejarah Siswa Kelas X1 SMA Negeri 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman

Fitra, Aidil (2013) Gambaran Aktivitas Belajar Sejarah Siswa Kelas X1 SMA Negeri 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_AIDIL_FITRA_84594_6283_2013.pdf] Text
B1_2_AIDIL_FITRA_84594_6283_2013.pdf

Download (695kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya aktivitas belajar siswa dalam mata
pelajaran sejarah terutama di kelas X1 SMA N 1 Enam Lingkung. Hal ini dapat dilihat dari
minimnya usaha-usaha yang dilakukan siswa dalam setiap kegiatan belajar. Padahal banyak ahli
yang mengatakan bahwa aktivitas itu penting dalam setiap kegiatan pembelajaran karena tanpa
adanya aktivitas, kegiatan pembelajaran tidak mungkin berjalan dengan baik. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui berbagai usaha dalam kegiatan belajar yang belum
maksimal sekaligus menemukan penyebab dari belum maksimalnya usaha-usaha tersebut.
Penelitian ini dilakukan selama proses belajar mengajar berlangsung di kelas X1. Penelitian ini
merupakan studi evaluatif dengan menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan
melalui kegiatan observasi terhadap sejumlah aktivitas siswa dalam kegiatan-kegiatan belajar
yang meliputi kegiatan bertanya, menanggapi pertanyaan, mendengarkan, memperhatikan,
membaca dan mengerjakan latihan. Selain itu juga dilakukan wawancara serta dilengkapi
dengan studi dokumen. Agar data dalam penelitian ini dapat dipercaya, maka digunakan
triangulasi data. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah melalui tahap
pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Objek penelitian
adalah siswa kelas X1 yang berjumlah 30 orang serta guru bidang studi sejarah di kelas tersebut.
Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa aktivitas
belajar yang masih kurang atau belum maksimal yaitu aktivitas siswa dalam kegiatan bertanya
dan menanggapi pertanyaan. Hal ini disebabkan oleh faktor yang berhubungan dengan individu
yang belajar meliputi rasa malu ataupun faktor yang berhubungan dengan minat. Aktivitas siswa
dalam kegiatan mendengarkan sudah baik. Aktivitas siswa dalam kegiatan memperhatikan juga
sudah baik. Aktivitas siswa dalam kegiatan membaca sudah baik. Aktivitas siswa dalam
kegiatan mengerjakan latihan juga baik. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa
dari beberapa aktivitas belajar yang diteliti di kelas X1, aktivitas siswa dalam kegiatan bertanya
dan menanggapi pertanyaan merupakan aktivitas yang belum maksimal. Faktor yang
mempengaruhi belum maksimalnya aktivitas siswa dalam kegiatan tersebut adalah siswa
menganggap aktivitas yang berhubungan dengan kegiatan lisan merupakan aktivitas yang sulit
dilakukan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 27 May 2025 02:50
Last Modified: 27 May 2025 02:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12521

Actions (login required)

View Item
View Item