Mandasari, Desta (2019) Hubungan Self-control dengan Prokrastinasi Akademik Siswa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_DESTA_MANDASARI_15006117_4330_2019.pdf [thumbnail of B1_05_DESTA_MANDASARI_15006117_4330_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_DESTA_MANDASARI_15006117_4330_2019.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang cenderung ingin melakukan aktivitas sesuai dengan yang mereka inginkan dan sering kali mengabaikan pekerjaan yang tidak mereka sukai. Seperti mengabaikan tugas
akademik yang diberikan oleh pihak sekolah. Tugas akademik seringkali dianggap enteng, sehingga mereka melakukan penundaan dalam mengerjakan tugas.Prokrastinasi akademik yang dilakukan oleh siswa SMP disebabkan oleh beberapa
faktor, salah satunya adalah rendahnya self-control (kontrol diri) yang dimiliki oleh siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prokrastinasi akademik siswa, mendeskripsikan self-control siswa, dan menguji hubungan selfcontrol dengan prokrastinasi akademik
siswa.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan analisis deskriptif dan korelasional. Pada penelitian ini yang dideskripsikan adalah prokrastinasi akademik dan self-control siswa. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VII, VIII, dan IX SMP N 12 Padang yang berjumlah 833 siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 270 siswa yang diambil dengan
menggunakan teknik proportional stratified random. Penelitian ini menggunakan dua teknik analisa data, yaitu analisa deskriptif dan analisa korelasional. Analisa
deskriptif dilakukan dengan menggunakan rumus persentase. Sedangkan analisa korelasional menggunakan rumus product moment correlation dan perhitungannya dibantu dengan menggunakan program SPSS versi 20.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan (1) tingkat prokrastinasi akademik siswa SMP N 12 Padang secara umum berada pada kategori tinggi, (2) tingkat self-control siswa
SMP N 12 Padang secara umum berada pada kategori rendah, dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara self-control dengan prokrastinasi akademik siswa SMP N 12 Padang dengan koefisien korelasi sebesar -0,141 dan taraf signifikansi
sebesar 0,020.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 27 May 2025 02:50 |
Last Modified: | 27 May 2025 02:50 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12518 |