Nilai-nilai Pendidikan dalam Tetralogi Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata

Hasibuan, Ahmad Yamin (2015) Nilai-nilai Pendidikan dalam Tetralogi Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_AHMAD_YAMIN_HASIBUAN_1304008_3254_2015.pdf] Text
B1_2_AHMAD_YAMIN_HASIBUAN_1304008_3254_2015.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pandangan tentang kurangnya perhatian terhadap nilai-nilai pendidikan. Hal ini dapat dilihat model pendidikan yang lebih diarahkan kepada penguasaan aspek-aspek kognitif saja, padahal penguasaan aspek psikomotorik dan afektif tidak kalah pentingnya dari aspek kognitif. Penguasaan ketiga aspek ini akan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan tangguh sehingga mampu membentuk, membangun keyakinan, dan karakter kuat pendidik dan peserta didik guna mengembangkan potensi diri dan menemukan tujuan hidupnya sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan dalam tetralogi Laskar Pelangi karya Andrea Hirata.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis isi. Sumber data penelitian ini adalah novel tetralogi Laskar Pelangi karya Andrea Hirata, yaitu Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Edensor, dan Maryamah Karpov. Teknik pengumpulan data dengan cara: (1) membaca dan memahami novel secara keseluruhan, (2) menetapkan tokoh utama dan tokoh pendamping dalam novel tetralogi laskar pelangi karya Andrea Hirata, dan (3) menginventarisasi data yang berhubungan dengan nilai-nilai pendidikan religius, nilai-nilai pendidikan kejujuran, nilai-nilai pendidikan kecerdasan, nilai-nilai pendidikan ketangguhan, dan nilai-nilai pendidikan kepedulian.
Hasil penelitian ini adalah tetralogi Laskar Pelangi karya Andrea Hirata mengandung nilai-nilai pendidikan, yaitu (1) nilai-nilai pendidikan religius ditemukan sebanyak 109 data, dengan subindikator percaya pada Tuhan Yang Maha Esa, melaksanakan perintah Tuhan, menjauhi larangan Tuhan, bersyukur, dan ikhlas; (2) nilai-nilai pendidikan kejujuran ditemukan sebanyak 39 data dengan subindikator berkata apa adaya, membela kebenaran, bertanggung jawab, memenuhi kewajiban, dan memegang janji; (3) nilai-nilai pendidikan kecerdasan ditemukan sebanyak 128 data dengan subindikator aktif, analisis, mampu memecahkkan masalah, berpikiran maju, kreatif, dan berpikir positif; (4) nilai-nilai pendidikan ketangguhan ditemukan sebanyak 92 data dengan subindikator sabar, tidak putus asa, bekerja keras, berani berkorban, dan berani menanggung resiko; (5) nilai-nilai pendidikan kepedulian ditemukan sebanyak 116 data dengan subindikator sopan santun, demokratis, cinta keluarga, musyawarah, toleransi, dan pemaaf. Tetralogi Laskar Pelangi karya Andrea Hirata merupakan salah satu media penanaman nilai-nilai pendidikan kepada generasi penerus dan sebagai salah satu media pembelajaran apresiasi sastra di sekolah. Oleh karena itu, penanaman nilai-nilai pendidikan melalui tetralogi Laskar Pelangi karya Andrea Hirata, perlu dilakukan sebagai upaya pembentukan sikap yang berpikir positif.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: NILAI-NILAI PENDIDIKAN
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S2
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 27 May 2025 02:31
Last Modified: 27 May 2025 02:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12516

Actions (login required)

View Item
View Item