Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS di SMA Pertiwi 1 Padang

Yulian Saputri, Elza (2023) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS di SMA Pertiwi 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_Elza_Yulian_Saputri_19045011_5118_2023.pdf] Text
B1_01_Elza_Yulian_Saputri_19045011_5118_2023.pdf

Download (10MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based
Laerning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada mata
pelajaran geografi kelas XI IPS di SMA Pertiwi 1 Padang.
Penelitian ini adalah penelitian quasi experimental. Sampel diambil secara
purposive Sampling yaitu berdasarkan jumlah peserta didik yang sama. Masing
masing kelas kontrol (XI IPS 2) berjumlah 36 orang dan Kelas eksperimen (XI
IPS 3) berjumlah 36 orang. Data dikumpulkan melalui tes yang terdiri dari lima
indikator berpikir kritis yang dikemukakan oleh Ennis.
Penelitian ini menemukan terdapatnya pengaruh yang signifikan
penggunaan model Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan
berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran geografi. Dibuktikan dengan hasil
uji N Gain skor kelas eksperimen 0,71 berkategori tinggi dan kelas kontrol 0,36
berkategori sedang. Artinya terdapat peningkatan ketrampilan berpikir kritis yang
tinggi pada kelas eksperimen dengan Model Problem Based Laerning (PBL)
dibandingkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada kelas kontrol.
Diperkuat oleh hasil uji hipotesis (uji t) diperoleh Thitung (8,69) > Ttabel (1,99)
dengan taraf signifikan α = 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan
demikian hasil penelitian ini sesuai dengan hipotesi yang diajukan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL), ketrampilan Berpikir Kritis, Geografi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1
Depositing User: Aditya Shawfani S.Pd
Date Deposited: 10 Feb 2025 08:22
Last Modified: 10 Feb 2025 09:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1251

Actions (login required)

View Item
View Item