Lubis, Fitriadi (2015) Pengembangan Model STAD dalam Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi Bahasa Inggris di MAN 2 Padangsidimpuan. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_9_FITRIADI_LUBIS_51767_3682_2016.pdf [thumbnail of B1_9_FITRIADI_LUBIS_51767_3682_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_9_FITRIADI_LUBIS_51767_3682_2016.pdf
Download (491kB)
Abstract
Pembelajaran ketrampilan menulis di Madrasah Aliyah 2
Padangsidimpuan belum optimal. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan
model STAD dalam pembelajaran menulis teks deskripsi. Model ini diadopsi dari
model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dikembangkan oleh Slavin dan
De Vries tahun (1978). Model ini disesuaikan dengan karakteristik siswa di
Indonesia yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa asing.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
Research and Development (R&D). Pengembangan model STAD yang dilakukan
dalam penelitian ini menggunakan ke lima langkah ADDIE : (Analysis, Design,
Development, Implementation, and Evaluation). Yaitu (1) menganalisis proses
pembelajaran menulis di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Padangsidimpuan
sekarang ini, (2) mendesain model STAD yang baru, (3) mengembangkan Model
STAD yang baru dan menguji validitas internalnya, (4) mengimplementasikan
model STAD yang baru untuk melihat efektivitasnya, (5) dan mengevaluasi hasil
proses pembelajaran menulis teks deskripsi untuk menguji apakah model tersebut
dapat meningkatkan hasil pembelajaran menulis teks deskripsi. Kemudian,
instrument yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah bentuk, angket, dan
tes, dan observasi.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menulis teks
deskripsi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Padangsidimpuan masih dominan
berpusat pada guru. Model pembelajaran STAD sebagai model pembelajaran yang
berpusat pada siswa perlu didesain ulang untuk pembelajaran menulis teks
deskripsi. STAD model baru yang dikembangkan terdiri dari (1) persiapan, (2)
menunjukkan gambar/teks, (3) kerja tim, (4) kuis, (5) penyajian, (6) menyunting
(7) peningkatan skor individu, (8) penghargaan tim, (9) publikasi. Penerapan
model ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil
belajar menulis teks deskripsi dengan menggunakan model pembelajaran STAD
yang baru deangan model pembelajaran konvensional.
Berdasarkan hasil penelitian ini, telah terancang model STAD yang baru
yang dinamakan model Synthesis of Student team achievement divisions
(SSTAD) yang disusun untuk digunakan oleh guru-guru bahasa Inggris untuk
meningkatkan hasil pembelajaran menulis teks deskripsidi Madrasah Aliyah
Item Type: | Thesis (Doctoral/Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi Bahasa Inggris |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 27 May 2025 01:46 |
Last Modified: | 27 May 2025 01:46 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12498 |