Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar MDDK di SMK Negeri 4 Pariaman

Alfajri, M. (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar MDDK di SMK Negeri 4 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_M_AL_FAJRI_1106781_2827_2019.pdf] Text
B1_4_M_AL_FAJRI_1106781_2827_2019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kondisi di lapangan yaitu di SMK Negeri 4 Pariaman, masih banyak siswa kelas X EI yang belum memperoleh hasil belajar di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) pada mata pelajaran menerapkan dasar-dasar kelistrikan (MDDK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa kelas X EI pada mata pelajaran MDDK di SMK Negeri 4 Pariaman.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan desain simple random sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas X EI A/I sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas X EI B/I sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data dari setiap post tes di kelas eksperimen dan kelas kontrol kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis.
Dari hasil penelitian pada kelas eksperimen didapatkan rata-rata 76,83 dan kelas kontrol mendapatkan rata-rata 69,17. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05 didapatkan thitung > ttabel yaitu 3,363 > 2,00. Karena thitung lebih besar dari pada ttbael maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran MDDK sebesar 11,07 %.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STAD, model pembelajaran, pembelajaran langsung, hasil belajar, eksperimen, kontrol.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 26 May 2025 09:43
Last Modified: 26 May 2025 09:43
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12483

Actions (login required)

View Item
View Item