Alrasid, Muhammad Ilham (2021) Daya Tarik BTS Sebagai Brand Ambassador Tokopedia dalam Membentuk Perilaku Mahasiswa Berbelanja Online. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_04_MUHAMMAD_ILHAM_ALRASID_16058102_5173_2021.pdf [thumbnail of B1_04_MUHAMMAD_ILHAM_ALRASID_16058102_5173_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_04_MUHAMMAD_ILHAM_ALRASID_16058102_5173_2021.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan daya tarik BTS sebagai brand ambassador tokopedia dalam membentuk perilaku mahasiswa berbelanja online. Latar belakang penelitian ini bermula dari beberapa mahasiswa yang tegabung di Unit Kegiatan Komunikasi dan Penyiaran Kampus Universitas Negeri Padang (UKKPK UNP) yang menyukai belanja online dan mengidolakan artis Korea. Pada tahun 2019 BTS menjadi brand ambassador dari sebuah toko online berasal dari Indonesia yang kita kenal dengan Tokopedia. Karena hal itu mahasiswa tersebut berbelanja online didasarkan daya tarik BTS sebagai brand ambassador. Perilaku berbelanja online mahasiswa yang didasarkan daya tarik BTS karena mereka ingin mendukung idolanya yang menjadi brand ambassador. Realita tersebut membawa peneliti pada suatu pertanyaan bagaimana BTS sebagai Brand ambassador tokopedia menjadi daya tarik bagi mahasiswa dalam membentuk perilaku mahasiswa berbelanja online. Pertanyaan tersebut akan dianalisis melalui Teori Interaksionisme Simbolik dari Herbert Blumer dan koleganya George Herbert Mead. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif tipe studi kasus dengan teknik pengumpulan informan adalah dengan purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 12 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam (indepth interview), observasi dan studi dokumentasi yang dianalisis dengan menggunakan teknik analsisis data dari Matthew B. Milles dan A. Michael Huberman yaitu Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), dan Conclusion Drawing/ Verification (Penarikan Kesimpulan). Lokasi penelitian ini di sekitaran sekretariat UKKPK UNP. Hasil penelitian menunjukkan perilaku berbelanja online via aplikasi tokopedia oleh mahasiswa UKKPK UNP dengan daya tarik BTS sebagai brand ambassador dilatarbelakangi oleh; 1) membentuk kelompok, 2) menabung 3) mengikuti tren, 4) mendahulukan keinginan daripada kebutuhan. Sedangkan BTS sebagai brand ambassador menjadi daya tarik bagi mahasiswa berbelanja online karena; 1) bentuk dukungan kepada idola, 2) agar terlihat sama dengan idolanya, 3) mendapatkan perasaan bahagia. Selanjutnya alasan mahasiswa berbelanja online; 1) praktis dan hemat waktu; 2) lebih murah karena banyak voucher dan diskon; 3) barang lebih bervariatif dan bisa memberikan rating dan review.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku Sosial, Daya Tarik, Brand Ambassador, Belanja Online, Mahasiswa |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
Depositing User: | VANYA VANYA |
Date Deposited: | 26 May 2025 09:38 |
Last Modified: | 26 May 2025 09:39 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12469 |