Saputri, Risa Yulia (2018) Komparasi Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Model Team Assisted Individualization (TAI) dan Saintifik Model Discovery Learning pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Kelas X Rekayasa Perangkat Lunak SMKN 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_RISA_YULIA_SAPUTRI_14076032_3209_2018.pdf [thumbnail of B1_05_RISA_YULIA_SAPUTRI_14076032_3209_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_RISA_YULIA_SAPUTRI_14076032_3209_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar komparasi hasil belajar antara model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan Discovery learning pada mata pelajaran Sistem Komputer kelas X Rekayasa Perangkat Lunak semester genap SMK Negeri 2 Padang Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini bersifat penelitian eksperimen. Jumlah populasi sama dengan jumlah sampel sebagai subjek penelitian, sebagai kelas eksperimen I adalah X RPL I menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan kelas eksperimen II adalah X RPL II menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI). Teknik pengumpulan data dari nilai post-test, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen I mendapatkan nilai rata-rata 82,13 dan kelas eksperimen II mendapatkan nilai rata-rata 78,13. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan dengan uji dua belah pihak, dimana t > t atau t > -t v dimana, 2,627 > 1,697 atau -2,627 < -1,697, maka berdasarkan kriteria pengujian hipotesis tersebut, didapatkan hipotesis nol (H 0 ) ditolak dan hipotesis alternatif (H a ) diterima. Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan sebelumnya dapat diterima pada taraf kepercayaan 95% Dimana terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara penerapan model pembelajaran Discovery learning dan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan siswa menggunakan model pembelajaran Discovery learning lebih tinggi nilainya dari pada siswa yang menggunakan model pembelajaran Assisted Individualization (TAI) dengan selisih nilai 4,00.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI), Model Pembelajaran Discovery Learning (PBL). |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 26 May 2025 09:35 |
Last Modified: | 26 May 2025 09:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12457 |