Agusmanto, Agusmanto (2013) Gaya Bahasa Iklan Produk Kesehatan dan Kosmetik pada Harian Pagi Posmetro Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_AGUSMANTO_64033_4022_2013.pdf [thumbnail of B1_2_AGUSMANTO_64033_4022_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_AGUSMANTO_64033_4022_2013.pdf
Download (486kB)
Abstract
Penelitian ini difokuskan pada penggunaan gaya bahasa iklan produk
kesehatan dan kosmetik pada Harian Pagi Posmetro Padang. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mendeskripsikan (1) gaya bahasa apa saja yang digunakan pada
iklan produk kesehatan dan kosmetik pada Harian Pagi Posmetro Padang, dan
(2) gaya bahasa apa saja yang dominan digunakan dalam iklan produk kesehatan
dan kosmetik pada Harian Pagi Posmetro Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif
yang bertujuan untuk mendeskripsikan gaya bahasa iklan dalam media cetak.
Istilah ini menyarankan bahwa penelitian yang dilakukan semata-mata hanya
berdasarkan pada fakta yang ada atau fenomena yang memang secara empiris
hidup pada penutur-penuturnya, sehingga yang dihasilkan atau yang dicatat
berupa peran bahasa yang sifatnya seperti potret atau paparan seperti apa adanya.
Penelitian ini akan mendeskripsikan tentang penggunaan gaya bahasa yang
digunakan dalam Harian Pagi Posmetro Padang.
Hasil penelitian ini adalah iklan produk kesehatan dan kosmetik pada
Harian Pagi Posmetro Padang. Data penelitian ini berupa teks-teks kalimat iklan
produk kesehatan dan kosmetik pada Harian Pagi Posmetro Padang yang
dikumpulkan dengan teknik catat. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis
isi. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif. Data yang diperoleh dari
Harian Pagi Posmetro Padang yang terbit selama bulan September sampai
dengan November tahun 2011 yang terdiri dari 2 iklan kecantikan dan 8 iklan
kesehatan.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan dua hal, yaitu (1) gaya
bahasa yang terdapat dalam bahasa iklan Harian Pagi Posmetro Padang adalah
personifikasi, metafora, simile, hiperbola, paradoks, inuendo, sinisme, sarkasme,
dan metonimia. (2) dari 8 gaya bahasa yang ditemukan dalam Harian Pagi
Posmetro Padang, gaya bahasa yang dominan digunakan adalah gaya bahasa
personifikasi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | GAYA BAHASA IKLAN |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 26 May 2025 09:34 |
Last Modified: | 26 May 2025 09:34 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12452 |