Problematika Masyarakat Nelayan dalam Pembelajaran Daring: Studi Kasus Pembelajaran Daring Siswa Keluarga Nelayan Desa Pauh Barat

Devial, Lusiana (2021) Problematika Masyarakat Nelayan dalam Pembelajaran Daring: Studi Kasus Pembelajaran Daring Siswa Keluarga Nelayan Desa Pauh Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_LUSIANA_DEVIAL_17058022_5934_2021.pdf] Text
B1_4_LUSIANA_DEVIAL_17058022_5934_2021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apa saja persoalan-persoalan atau
problematika yang terjadi di lingkungan masyarakat nelayan Desa Pauh Barat
dalam pembelajaran daring anak selama masa pandemi Covid-19 dan hal apa saja
yang melatarbelakangi permasalahan yang terjadi. Penelitian ini dilatarbelakangi
oleh fenomena masa pembelajaran daring di lingkungan masyarakat nelayan Desa
Pauh Barat, Kota Pariaman. Penelitian ini menarik untuk dikaji karena
memperlihatkan aktifitas anak usia pelajar dimasa pembelajaran daring tidak
melaksanakan sekolahnya di jam belajar, melainkan sibuk dengan aktifitas lain
seperti ikut terlibat dengan aktifitas nelayan. Beberapa persoalan dan
permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat nelayan dalam memenuhi
kebutuhan hidup dan pendidikan anak, ditambah lagi dengan adanya pembelajaran
daring. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan Teori Stuctural Fungsional
AGIL oleh Talcot Parsons. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode kualitatif jenis studi kasus intrinsik, serta teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah, observasi, wawancara mendalam
serta studi dokumen dan penelitian ini menggunakan teknik pemilihan purposive
sampling dengan jumlah informan 15 orang. Hasil penelitian ini menemukan
bahwa problematika yang dihadapi oleh masyarakat nelayan Desa Pauh Barat
yaitu terkendalanya dengan beberapa faktor, seperti, belum terbiasanya dengan
sistem pembelajaran daring, ketidakpahaman siswa dalam memahami materi.
Dilihat dari budaya atau pola pemeliharaan (latecy maintenance) dalam hal
pendidikan anak masyarakat nelayan, nelayan yang cenderung lebih
mempercayakan anaknya ke sekolah tanpa adanya bantuan pengetahuan dari
orangtua, dikarenakan pendidikan orangtua yang rendah, tidak menguasai materi
yang anak pelajari, dan tidak terjangkau teknologi saat ini. Sistem pembelajaran
daring tidak didukung oleh sub sistem budaya dan ekonomi masyarakat nelayan
dan dapat dikatakan bahwa pembelajaran daring tidak efektif bagi anak
masyarakat nelayan Desa Pauh Barat

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Masyarakat Nelayan, Persepsi Masyarakat Nelayan, Pembelajaran Daring
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 26 May 2025 09:33
Last Modified: 26 May 2025 09:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12451

Actions (login required)

View Item
View Item