Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Ruang dengan Bermain Drum untuk Anak Tunagrahita Ringan Kelas II di SLB Limas Padang

Wahyu N.H, Agus (2014) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Ruang dengan Bermain Drum untuk Anak Tunagrahita Ringan Kelas II di SLB Limas Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_AGUS_WAHYU_NH_95909_1186_2014.pdf] Text
B1_2_AGUS_WAHYU_NH_95909_1186_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan ditemukanya seorang anak tunagrahita ringan di SLB Limas Padang yang belum mengenal konsep ruang. Penelitian ini menggunakan penelitianSingle Subject Research (SSR) dengan desain A,B. Subjek penelitian ini adalah seorang anak tunagrahita ringan. target behavior dari penelitian ini adalah kemampuan anak menentukan konsep ruang kiri-kanan yang diukur dengan menghitung persentase. Data dianalisis dengan grafik. Hasil penelitian yang dianalisis mencakup jumlah pengamatan pada kondisi baseline sebanyak lima kali pertemuan dan kondisi intervensi sebanyak sepuluh kali pertemuan.
Setelah data dianalisis diperoleh hasil sebagai berikut pada phase baseline yaitu anak hanya mampu mengenal konsep ruang atas bawah. Pada phase intervensi yaitu melakukan pembelajaran dengan menggunakan bermain drum, anak bisa mengenal konsep ruang kiri-kanan (nilai mencapai 100%). Pengamatan dilihat pada hari keenam ketujuh kondisi anak dapat menunjukkan dan menyebutkan konsep kanan , pada hari ketujuh dan kedelapan pengamatan kondisi anak dapat menunjukkan dan menyebutkan konsep ruang kiri-kanan hampir semua, pada hari kesembilan pengamatan kondisi anak dapat menunjukkan konsep ruang kanan yang di dominasi pada arah kanan dan pada hari kesepuluh dan kesebelas pengamatan anak mampu menunjukkan dan menyebutkan hampir semua konsep ruang dengan benar selanjutnya pengamatan keduabelas ada peningkatan sedikit sampai hari ketigabelas sampai limabelas pengamatan anak dapat menunjukkan semua konsep ruang kanan-kiri dengan benar.
Maka dapat disimpulkan bahwa dengan bermain drum dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep ruang kiri-kanan bagi anak tunagrhita ringan. Peneliti menyarankan kepada guru dan peneliti selanjutnya agar dapat memberikan pembelajaran konsep ruang kiri-kanan dengan menggunakan bermain drum dalam pembelajaran selanjutnya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN KONSEP RUANG DENGAN BERMAIN DRUM
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 26 May 2025 09:32
Last Modified: 26 May 2025 09:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12446

Actions (login required)

View Item
View Item