Anggara, Agus Ari (2016) Meningkatkan Pemahaman Huruf Vokal Melalui Media Kartu Huruf bagi Anak Autis Kelas IV di SLB Buah Hati Ibu padang: Single Subject Research. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_AGUS_ARI_ANGGARA_1100316_4850_2016.pdf [thumbnail of B1_2_AGUS_ARI_ANGGARA_1100316_4850_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_AGUS_ARI_ANGGARA_1100316_4850_2016.pdf
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena peneliti menemukan seorang anak
autis yang sudah berumur 12 tahun kelas IV Sekolah Dasar. Peneliti melihat
kondisi awal anak belum memahami huruf vokal, baik cara menyebutkan,
menunjukkan dan menuliskan huruf vokal yang benar. Padahal pemahaman
tentang huruf vokal sangat berguna bagi anak dalam proses belajar mengajar
mengingat semua mata pelajaran seperti matematika dan bahasa indonesia selalu
menggunakan huruf. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman
(menyebutkan, menunjukkan dan menuliskan) huruf vokal (a, i, u, e, o) bagi anak
autis kelas IV di SLB Buah Hati Ibu Padang. Kegiatan intervensi dilaksanakan
menggunakan media kartu huruf yang diberikan berdasarkan aplikasi metode
yang peneliti gunakan.
Jenis penelitian menggunakan subjek tunggal (Single Subject Research)
dengan desain penelitian A-B, sedangkan subjek penelitian adalah Anak Autis
Kelas IV di SLB Buah Hati Ibu Padang yang mengalami permasalahan dalam
pemahaman huruf vokal berinisial X. Data dikumpulkan berdasarkan instrumen
penelitian yang telah dibuat sebanyak lima belas item, selanjutnya data ditulis
dalam bentuk persentase kemudian diolah secara kuantitatif melalui teknik
analisis visual grafik (Visual Analisis of Grafic Data).
Berdasarkan hasil pengolahan data menunjukkan peningkatan pemahaman
huruf vokal secara signifikan, hal ini dapat terlihat dari hasil kondisi baseline (A)
sebanyak enam kali pertemuan anak mendapat skor maksimal sebesar 20% (=).
Setelah diberikan threatment pada kondisi intervensi (B) menggunakan media
kartu huruf sebanyak sembilan kali pertemuan pemahaman huruf vokal anak
meningkat sampai 86,66% (+). Persentase overlape kondisi intervensi (B) ke
baseline (A) adalah 0%. Dengan demikian dapat disimpulkan hipotesis diterima
yaitu media kartu huruf dapat meningkatkan pemahaman huruf vokal bagi anak
autis. Oleh karena itu disarankan kepada guru agar menerapkan aplikasi media
kartu huruf bagi anak autis yang belum memahami huruf vokal
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MEMAHAMI HURUF VOKAL |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 26 May 2025 09:31 |
Last Modified: | 26 May 2025 09:32 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12444 |