Lusiana, Eva (2023) Persepsi Siswa Tentang Pembelajaran Daring Dan Luring Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Tualang Provinsi Riau. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_EVA_LUSIANA_18045010_2087_2023.pdf [thumbnail of B1_01_EVA_LUSIANA_18045010_2087_2023.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_EVA_LUSIANA_18045010_2087_2023.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini membahas persepsi siswa tentang pembelajaran Luring dan
Daring. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis persepsi siswa tentang
pembelajaran Luring dan pembelajaran Daring pada mata pelajaran geografi kelas
XI IPS di SMA Negeri 1 Tualang Provinsi Riau.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yang dilakukan di SMA
Negeri 1 Tualang Provinsi Riau. Adapun informan dalam penelitian ini adalah
siswa kelas XI IPS, Guru Geografi, dan Wakil Kurikulum SMA Negeri 1
Tualang. Teknik pengumpulan data dikumpulkan melalui wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yaitu perpanjangan keikutsertaan,
ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang
pembelajaran Luring pada mata pelajaran geografi mengarah ke persepsi yang
positif. Siswa berpersepsi lebih menginginkan kegiatan belajar pada mata
pelajaran Geografi dilakukan secara Luring daripada Daring. Hal tersebut dilihat
dari pelaksanaan pembelajaran Luring yang dilakukan lebih efektif daripada
pembelajaran Daring. Dikatakan efektif karena dalam pelaksanaannya siswa aktif
berpartisipasi saat belajar, siswa lebih memahami materi, dan hasil belajar yang
diperoleh lebih baik daripada saat Daring.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | persepsi, geografi, pembelajaran luring, pembelajaran daring |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1 |
Depositing User: | Aditya Shawfani S.Pd |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 08:13 |
Last Modified: | 10 Feb 2025 08:13 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1244 |