Ernawati, Ernawati (2011) Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Biologi Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Teknik Mencari Pasangan (Make a Match) di Kelas VII 1 SMPN 6 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_ERNAWATI-52875-2011.pdf [thumbnail of B1_ERNAWATI-52875-2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_ERNAWATI-52875-2011.pdf
Download (963kB)
Abstract
Berdasarkan pengalaman mengajar di kelas VII SMPN 6 Payakumbuh,aktivitas belajar biologi siswa masih rendah. Untuk meningkatkan aktivitas belajarbiologi tersebut, dilakukan upaya peningkatan melalui pembelajaran kooperatifteknik mencari pasangan.Penelitian ini bertjuan mengetahui peningkatan aktivitas belajar biologisiswa melalui pembelajaran kooperatif teknik mencari pasangan di kelas VII1SMPN 6 Payakumbuh. Data yang diperoleh pada diolah ini adalah hasil observasiaktivitas belajar selama dua siklus. Kedua data penelitian tersebut dianalisisdengan teknik analis persentase.Setelah dilakukan pembelajaran kooperatif dengan teknik mencaripasangan terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa, yang semula keaktifan siswabertanya kepada guru atau teman 49.1% menjadi 65,7%. Aktivitas siswaberdiskusi dalam kelompok meningkat 36,1% menjadi 59,2%. Aktivitasmengerjakn tugas atau LKS meningkat dari 53,7% menjadi 74,1%. Aktivitasmembaca materi ajar dari 51,8% menjadi 77,7%. Aktivitas siswa menemukanpasangan kartu dari 62,9% meningkat menjadi 83,3%. Sedangkan aktivitas siswamempresentasikan hasi dikusi juga meningkat dari 27,7% menjadi 53,7%.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BELAJAR BIOLOGI, PEMBELAJARAN KOOPERATIF, MENCARI PASANGAN |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 26 May 2025 09:26 |
Last Modified: | 26 May 2025 09:26 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12433 |