Oktaviatna, Dina (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Permainan Monopoli Tumbuhan (Montum) tentang Struktur dan Fungsi Tumbuhan untuk Peserta Didik Kelas VIII SMP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_DINA_OKTAVIATNA_1305706_63_2018.pdf [thumbnail of B1_03_DINA_OKTAVIATNA_1305706_63_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_DINA_OKTAVIATNA_1305706_63_2018.pdf
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat dan motivasi peserta didik terhadap materi struktur dan fungsi tumbuhan, karena banyaknya materi yang bersifat hafalan dan menggunakan bahasa latin serta media pembelajaran yang kurang bervariasi, sehingga peserta didik merasa bosan dan jenuh. Salah satu variasi media pembelajaran yang dapat mengatasi kebosonan dan kejenuhan adalah media pembelajaran berbentuk permainan monopoli. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbentuk permainan monopoli tumbuhan (Montum) tentang struktur dan fungsi tumbuhan untuk peserta didik kelas VIII SMP yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan 3 tahap dari 4-D models, yaitu define, design dan develop. Tahap define (pendefinisan) dilakukan untuk menetapkan dan mendefinisikan syarat-syarat pembelajaran. Tahap design (perancangan) bertujuan untuk menyiapkan rancangan kerangka media Montum yang dikembangkan. Tahap develop (pengembangan) dilakukan validasi oleh 4 orang validator serta uji praktikalitas oleh 2 orang guru dan 27 orang peserta didik kelas IX SMPN 12 Padang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh rata-rata nilai validitas sebesar 3,37 dengan kriteria sangat valid oleh validator. Hasil uji praktikalitas oleh guru memiliki nilai rata-rata kepraktisan sebesar 3,35 dengan kriteria sangat praktis dan praktikalitas oleh peserta didik sebesar 3,59 dengan kriteria sangat praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media monopoli tumbuhan tentang struktur dan fungsi tumbuhan untuk peserta didik kelas VIII SMP yang dikembangkan memiliki kriteria sangat valid dan sangat praktis.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan media pembelajaran, Permainan monopoli |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | AKILMI AKILMI |
Date Deposited: | 26 May 2025 09:22 |
Last Modified: | 26 May 2025 09:22 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12422 |