Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving dengan Metode Pembelajaran Konvensional pada Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik di SMK N 5 Padang

Prasetio, Dimas (2017) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving dengan Metode Pembelajaran Konvensional pada Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik di SMK N 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_DIMAS_PRASETIO_1302364_5816_2017.pdf] Text
B1_03_DIMAS_PRASETIO_1302364_5816_2017.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik kelas X TITL 2 di SMK N 5 Padang dengan penerapan model pembelajaran Problem Solving. Masalah yang melatarbelakangi penelitian pelajaran DPL ini adalah siswa belum mampu untuk berfikir kritis dan kreatif untuk memecahkan masalah yaitu siswa berfokus pembelajarannya hanya pada guru dan siswa tidak mandiri dalam meyelesaikan tugas. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi ekperiment). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X TITL 2 SMK N 5 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 30 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan hasil posttest berupa soal objektif sebanyak 30 item yang sudah di uji validitas dengan 30 soal yang valid, reliabilitas dengan reliabilitas instrumen sebesar 0,932 , indeks kesukaran dengan 35 soal dalam kategori sedang, 3 soal dalam kategori mudah, 2 soal dalam kategori sukar, dan daya beda soal dengan 4 soal berkategori baik sekali, 29 kategori baik, 5 soal kategori cukup, dan 2 soal berkategori jelek. Data yang sudah diperoleh dianalisis menggunakan uji beda dua rata-rata (uji t). Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 82,10 dan nilai rata-rata kelas kontrol 74,90. Dengan analisis uji t diperoleh ttabel sebesar = 2,002 yaitu lebih kecil dari thitung= 3,013 pada taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem solving meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik kelas X TITL di SMK N 5 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem solving, Dasar dan pengukuran listrik, Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: AKILMI AKILMI
Date Deposited: 26 May 2025 09:20
Last Modified: 26 May 2025 09:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12417

Actions (login required)

View Item
View Item