Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think- Pair- Share (TPS) di Kelas VII.2 SMPN 1 Rao Selatan Pasaman.

Ernawati, Ernawati (2010) Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think- Pair- Share (TPS) di Kelas VII.2 SMPN 1 Rao Selatan Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_ERNAWATI-10203-2011.pdf] Text
B1_ERNAWATI-10203-2011.pdf

Download (402kB)

Abstract

Siswa dikatakan berhasil belajar matematika apabila mampumemahami materi dan menyelesaikan soal dengan baik serta dapatditerapka pada lain. Hal ini disebabkan matematika merupakan alat berfikirsehingga mampu mengembangkan daya nalar.Kenyataan yang penulis temukan di kelas VII.2 SMPN 1 RaoSelatan belum lagi terpenuhi dimana siswa malas berfikir untukmengerjakan soal, terbukti dari soal dan latihan yang dikerjakan bukan darihasil pemikiran sendiri, dalam ujian susah sekali menegurnya agar tidakbertanya pada teman. Masih rendahnya motivasi dan aktivitas didalamproses belajar mengajar serta interaksi dalam hanya antara guru dengansiswa yang pandai saja, sedangkan interaksi antar siswa kurang berjalandengan baik, sehingga mempengaruhi terhadap hasil belajar yang nilainyaselalu di bawah rata-rata kriteri ketuntasan minimal (KKM) yaitu 65.Salah satu strategi yang diperkirakan dapat meningkatkan motivasidan aktivitas dalam mengikuti proses pembelajaran adalah modelpembelajaran kooperatif tipe Tink- Pair- Share (TPS). Berdasarkanmasalah yang dihadapi di kelas, penulis membatasi masalah aktivitas yangrendah serta tidak ada keinginan siswa untuk berfikir dalam menyelesaikansoal.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah denganmenggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Think- Pair- Sharedapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hipotesis penelitian ini adalahdengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think- PairShare aktivitas siswa lebih meningkat.Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dandilaksanakan sebanyak dua siklus yang masing-masingnya terdiri dari 3 kalipertemuan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakahpenggunaan pembelajaran kooperatif tipe Think- Pair- Share padapembelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelasVII.2 SMPN 1 Rao Selatan Pasaman. Sebagai objek penelitian adalah siswakelas VII.2 SMPN 1 Rao Selatan Pasaman tahun pelajaran 2009/2010dengan jumlah siswa 38 orang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN MATEMATIKA, MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 26 May 2025 09:20
Last Modified: 26 May 2025 09:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12415

Actions (login required)

View Item
View Item