Teaching Reading Comprehension in a Narrative Text by Using Story Grammar Map to Junior High School Students.

Ermiza, Ermiza (2011) Teaching Reading Comprehension in a Narrative Text by Using Story Grammar Map to Junior High School Students. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_ERMIZA_10052_1372_2011.pdf] Text
B1_ERMIZA_10052_1372_2011.pdf

Download (764kB)

Abstract

Reading merupakan salah satu skill atau keterampilan berbahasa yangsangat penting, karena hampir semua sumber ilmu pengetahuan berbentuk tulisanmemerlukan keterampilan reading untuk memperolehnya. Menurut KTSP 2006,fokus materi untuk siswa SMP adalah text types, seperti teks deskriptif, teksrecount, dan teks naratif, yang menuntut pemahaman yang lebih dalam untukmemahami isi cerita. Namun, mengajarkan reading untuk siswa SekolahMenengah Pertama (SMP) tidaklah mudah. Banyak permasalahan yang munculketika proses belajar mengajar reading berlangsung. Permasalahan yang seringterjadi dalam kegiatan belajar mengajar reading untuk siswa SMP adalahkurangnya minat belajar, sehingga berdampak pada rendahnya kemampuan siswadalam reading.Salah satu penyebab permasalahan di atas adalah kurangnya kreatifitasguru dalam menyajikan materi pelajaran di kelas, seperti tidak ada menggunakanmedia pengajaran, metode atau strategi pengajaran yang dipakai tidak sesuaidengan usia anak dan materi pelajaran, sehingga rasa bosan dan suasana monotondi dalam kelas kerap dirasakan siswa, sehingga tidak tercapai terhadappemerolehan keterampilan reading.Sebagai solusi untuk permasalahan di atas, maka diperlukan sebuahstrategi yang bisa meningkatkan kemampuan reading siswa, sekaligus bisamenciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan menarik. Salah satunyadengan menggunakan Story Grammar Map. Story Grammar Map adalah sebuahstrategi yang digunakan guru untuk mengajarkan reading comprehension kepadasiswa. Dalam kegiatannya, siswa diminta untuk menentukan characters, setting,problems, solution, dan moral dari sebuah teks (disini teks yang dipilih adalahteks naratif) yang telah di baca, yang kemudian dimasukkan dalam bagan, atauskema yang telah disediakan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: READING COMPREHENSION, NARRATIVE TEXT, GRAMMAR MAP
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 26 May 2025 08:04
Last Modified: 26 May 2025 08:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12386

Actions (login required)

View Item
View Item