Ermaneli, Ermaneli (2010) Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Kelas VII‐4 SMP Negeri I Lunang Silaut. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_ERMANELI-10211-2011.pdf [thumbnail of B1_ERMANELI-10211-2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_ERMANELI-10211-2011.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa pembelajaran sering didominasi olehguru sebagai sumber informasi, yakni : Guru mengajar dengan metode chalk and calk (ceramah danmenulis di papan tulis) dan secara mekanistik (guru menerangkan disertai beberapa contoh)akibatnya siswa kurang bertanya, kurang berdiskusi, sulit mengerjakan latihan, cenderungmencontoh teman, dan menerima saja apa yang diberikan guru, sehingga aktivitas dan hasil belajarsiswa rendah. Melihat kenyataan itu maka perlu penerapan model pembelajaran yang berkelompokyakni kelompok kecil dengan mempunyai aturan dan siklus (kegiatan) yang teratur, yang disebut jugamodel pembelajaran kooperatif STAD. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Apakahmelalui pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajarMatematika siswa kelas VII‐4 SMP Negeri I Lunang Silaut?. Sedangkan tujuan penelitian adalah: 1)untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkanaktivitas belajar siswa kelas VII‐4 SMP Negeri I Lunang Silaut, dan 2) untuk mengetahui penggunaanmodel pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII‐4 SMP NegeriI Lunang Silaut.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang memiliki siklus kerja:Perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan 1 siklus dengan 4 kalipertemuan. Subjek penelitian, siswa kelas VII‐4 SMP Negeri I Lunang Silaut yang berjumlah 32 orang.Instrumen penelitian terdiri dari lembaran observasi dan tes. Data berupa aktivitas siswa diolahdengan mencari persentase aktivitas, kemudian mengkonversikan kriterianya dalam skala mutuaktivitas. Data hasil belajar diolah dengan menghitung rata‐rata dan membandingkan dengan KKM.Hasil penelitian adalah: 1) Aktivitas belajar siswa meningkat dan mencapai kriteria cukupdan baik sekali; 2) Hasil belajar siswa meningkat dari 53,56 dengan ketuntasan 46,87% menjadi 80,06dengan ketuntasan 90,63% dan siswa mencapai KKM meningkat dari 15 siswa menjadi 29 siswa.Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1) penggunaan model pembelajarankooperatif tipe STAD pada pembelajaran Matematika siswa kelas VII‐4 SMP Negeri I Luang Silautdapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Dan 2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipeSTAD pada pembelajaran Matematika siswa Kelas VII‐4 SMP Negeri I Luang Silaut dapatmeningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR, MODEL PEMBELAJARAN, KOOPERATIF TIPE STAD |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 26 May 2025 07:50 |
Last Modified: | 26 May 2025 07:50 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12380 |