Komparasi Model Pembelajaran Pendekatan Saintifik Problem Based Learning dengan Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X Jurusan Teknik Audio Video di SMK Negeri 5 Padang

Ardiani, Lisa (2018) Komparasi Model Pembelajaran Pendekatan Saintifik Problem Based Learning dengan Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X Jurusan Teknik Audio Video di SMK Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_LISA_ARDIANI_1302413_423_2018.pdf] Text
B1_05_LISA_ARDIANI_1302413_423_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran mana yang lebih efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan model pembelajaran pendekatan saintifik tipe Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Siswa Kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 5 Padang. Jenis penelitian ini bersifat penelitian eksperimen. Pengambilan sampel dengan teknik nonprobality sampling dengan purposive sampling, sebagai kelas eksperimen I adalah kelas IE1 A menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan kelas eksperimen II adalah kelas IE1 B menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Teknik pengumpulan data dari nilai post-test, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen I mendapatkan nilai rata-rata 83,53 dan kelas eksperimen II mendapatkan nilai rata-rata 79,06 dengan persentase komparasi sebesar 5,7 %. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan t hitung > t tabel yaitu (2,811 > 2,039 ), karena t hitung besar dari t tabel , maka hipotesis nihil (H 0 ) ditolak dan hipotesis alternatif (H a ) diterima. Dengan demikian, hipotesis diterima dimana terdapat komparasi yang berarti, terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan siswa menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) lebih tinggi nilainya dari pada siswa yang menggunakan model pembelajaran ProblemBased Learning (PBL).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Student Teams Achievement Divisions, Problem Based Learning, Hasil Belajar, Ekperimen I, Eksperimen II, Komparasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: KEISHA KEISHA
Date Deposited: 26 May 2025 07:50
Last Modified: 27 May 2025 05:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12377

Actions (login required)

View Item
View Item