Pengembangan Modul Sosiologi pada Materi Integrasi Sosial untuk Peserta Didik Kelas XI IPS di SMA Adabiah Padang

Soraya, Bunga (2021) Pengembangan Modul Sosiologi pada Materi Integrasi Sosial untuk Peserta Didik Kelas XI IPS di SMA Adabiah Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_BUNGA_SORAYA_17058153_4670_2021.pdf] Text
B1_4_BUNGA_SORAYA_17058153_4670_2021.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan modul pada materi integrasi sosial pada pembelajaran sosiologi kelas XI IPS di SMA Adabiah Padang, (2) mengetahui kelayakan modul pada materi integrasi sosial, (3) mengetahui pratikalitas modul pada materi integrasi sosial, (4) mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan modul ini. Jenis penilitian ini adalah R&D memakai model 4D: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Disseminate (Penyebaran). Kelayakan modul sosiologi dilihat dari skor kelayakan yang didapatkan yang diolah menggunakan Microsoft Excel. Uji coba lapangan produk dilakukan pada kelas XI IPS 1 di SMA Adabiah Padang dengan jumlah 24 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) sumber belajar modul ini sangat memadai untuk pembelajaran sosiologi dalam materi Integrasi Sosial, (2) modul yang dikembangkan masuk pada kategori sangat layak karena memiliki rata-rata 0,87 (3) modul ini sangat praktis untuk digunakan karena memperoleh skor ratarata 3,85 (4) peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan mengggunakan modul ini mendapatkan peningkatan kemampuan penguasaan materi dapat dilihat pada nilai akhir posttest yaitu 86,46.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Sosiologi, Modul, Model 4D
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 26 May 2025 07:05
Last Modified: 26 May 2025 07:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12339

Actions (login required)

View Item
View Item