Thrifting sebagai Presentasi Diri Mahasiswa di Pasar Putih Bukittinggi

Hayati, Mishbahhul (2021) Thrifting sebagai Presentasi Diri Mahasiswa di Pasar Putih Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_MISHBAHHUL_HAYATI_17058187_4341_2021.pdf] Text
B1_04_MISHBAHHUL_HAYATI_17058187_4341_2021.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap Thrifting sebagai presentasi diri yang dilakukan mahasiswa khususnya pelanggan Pasar Putih Bukittinggi. Konsumen terbesar pakaian bekas di Pasar Putih Bukittinggi adalah anak-anak muda seperti mahasiswa. Adanya berbagai larangan dari pemerintah mengenai pakaian bekas ditambah lagi dengan masa pandemi Covid19, tidak membuat Pasar Putih sepi oleh pengunjung, bahkan semakin hari semakin banyak peminatnya khususnya mahasiswa. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan faktor-faktor penyebab mahasiswa melakukan thrifting sebagai presentasi diri. Penelitian ini menggunakan teori fenomenologi dari Alfred Schutz yang memperkenalkan dua istilah motif. Motif yang pertama merupakan motif “sebab” (because of motive). Kemudian motif yang kedua ialah motif “tujuan” (in order to motive). Motif “sebab” yang melatarbelakangi seseorang melakukan tindakan tertentu. Sedangkan motif “tujuan” yang hendak ingin dicapai oleh seseorang yang melakukan tindakan tertentu. Dalam menganalisis penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian Fenomenologi. Teknik pemilihan informan yaitu purposive sampling, teknik ini yakninya memilih informan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan oleh peneliti dengan jumlah informan sebanyak 13 orang, yakninya 7 orang mahasiswa, 4 orang pedagang Pasar Putih Bukittinggi, 1 orang pedagang biasa, serta 1 orang dari Dinas Pengelolaan Pasar Bukittinggi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi data analisis dengan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian dilapangan ditemukan bahwasannya faktor-faktor penyebab mahasiswa melakukan thrifting sebagai presentasi diri berupa: 1) Representasi stylish dengan barang bermerk. 2) Kebutuhan fashion dengan harga terjangkau. 3) Mendapatkan tampilan berbeda dari lingkungan. 4) Mengikuti tren agar tidak ketinggalan jaman. Untuk memiliki tampilan yang menarik seperti halnya terlihat stylish, fashionable, casual, oldies, serta korean style.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Thrifting, Presentasi diri, Mahasiswa
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: VANYA VANYA
Date Deposited: 26 May 2025 06:59
Last Modified: 26 May 2025 07:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12331

Actions (login required)

View Item
View Item