Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Huruf Awas bagi Anak Low Visison (X) melalui Modifikasi Huruf: Single Subject Research di Kelas I SLB Fan Redha Padang

Rahman, Ismidar (2013) Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Huruf Awas bagi Anak Low Visison (X) melalui Modifikasi Huruf: Single Subject Research di Kelas I SLB Fan Redha Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_ISMIDAR_RAHMAN_03974_586_2013.pdf] Text
B1_2_ISMIDAR_RAHMAN_03974_586_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi masih belum bisanya Anak Low Vision X
Kelas I untuk menulis permulaan huruf awas terutama pada huruf vokal a, i, u, e,
o. Kemampuan untuk menulis seperti, memegang pensil bisa dengan baik tetapi
bentuk huruf yang dibuat anak tidak jelas dan anak sering membuat coretan
dengan garis yang tidak jelas. Hal ini disebabkan karena penglihatan anak tidak
sama dengan penglihatan anak normal lainnya serta metode yang digunakan
belum mampu untuk meningkatkan kemampuan menulis Anak Low Vision X.
Penelitian ini bertujauan untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan
huruf awas yaitu huruf vokal a, i, u, e, o pada Anak Low Vision X kelas I melalui
modifikasi huruf.
Jenis penelitian yang digunakan adalah SSR (Single Subject Research)
pada satu orang subjek penelitian yaitu Anak Low Vision X Kelas I di SLB Fan
Redha Padang dengan menggunakan desain A-B-A, dengan tujuan untuk melihat
kemampuan anak dalam menulis huruf sebelum diberikan perlakuan, pada saat
diberikan perlakuan serta membandingkannya dengan kemampuan anak setelah
perlakuan tidak lagi diberikan.
Data dianalisis dengan menggunakan analisis data visual yang
digambarkan melalui sebuah grafik. Analisis data menunjukkan adanya
peningkatan kemampuan menulis huruf pada Anak Low Vision melalui
modifikasi huruf yang mana huruf tersebut diperbesar dan dipertebal. Hal ini
dilihat dari hasil analisis yang menunjukkan jumlah persentase overlape data
yakni sebesar 0% untuk perbandingan kondisi baseline I dengan kondisi
Intervensi. Sedangkan untuk perbandingan kondisi Intervensi dan Baseline II
menunjukkan jumlah persentase overlape data sebesar 0%. Hal ini membuktikan
bahwa adanya pengaruh yang kuat dari pemberian Intervensi (melalui modifikasi
huruf) terhadap perubahan target behavior yakni peningkatan kemampuan menulis
pada Anak Low Vision X.
Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, maka dapat ditarik
kesimpulan bahwa melalui modifikasi huruf dapat meningkatkan kemampuan
menulis permulaan bagi Anak Low Vision X. Oleh karena itu disarankan kepada
guru kelas supaya dapat menggunakan modifikasi huruf dalam meningkatkan
kemampuan menulis permulaan huruf awas pada Anak Low Vision.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 26 May 2025 06:58
Last Modified: 26 May 2025 06:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12324

Actions (login required)

View Item
View Item