Nurtini, Nurtini (2013) Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Tikar Huruf da Angka di PAUD Nurbati Kecamatan Pauh Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_NURTINI_98875_153_98875_2013.pdf [thumbnail of B1_4_NURTINI_98875_153_98875_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_NURTINI_98875_153_98875_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih rendahnya kemampuan kognitif anak. Hal ini diduga karena kurang tersedianya berbagai macam alat permainan yang menarik bagi anak dalam proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat gambaran (1) Kemampuan anak memahami jumlah dan ukuran, (2) Kemampuan anak melakukan kegiatan kecepatan, (3) Kemampuan anak memahami bidang yang bergerak sesuai dengan bidang yang di milikinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, subjek penelitian ini adalah anak PAUD Nurbaiti Kecamatan Pauh Kota Padang kelompok B yang jumlahnya 27 orang (12 orang anak perempuan dan 15 orang anak laki-laki). Setting penelitian dilakukan pada semester I tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus dan setiap siklus di lakukan 4 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data berupa observasi. Teknik analisa data di gunakan adalah rumus persentase. Adapun hasil penelitian ini dapat dikemukakan yaitu terdapat peningkatan kognitif anak dalam hal 1) memahami jumlah dan ukuran, 2) melakukan kegiatan kecepatan, 3) memahami bidang yang bergerak sesuai dengan bidang yang dimilikinya (vertikal dan horizontal). Melalui permainan tikar huruf dan angka pada siklus pertama lebih dari separoh anak berada pada kategori cukup peningkatan, dan pada siklus ke dua menjadi sangat besar peningkatan. Saran yang dapat disampaikan sehubungan dengan penelitian ini kepada guru dan orang tua yaitu untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak agar lebih kreatif merancang metode pembdelajaran dan salah satunya adalah melalui tikar huruf dan angka, dalam merencanakan pembelajaran memerlukan metode yang tepat untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dan menciptakan suasana yang kondusif.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan, Kemampuan Kognitif Anak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 26 May 2025 06:56 |
Last Modified: | 26 May 2025 06:56 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12317 |