Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bilangan 1-20 melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Video Compact Disk (VCD) pada Anak Tunarungu: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas Dasar II B SLB Perwari Padang

Zaharah, Isti (2012) Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bilangan 1-20 melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Video Compact Disk (VCD) pada Anak Tunarungu: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas Dasar II B SLB Perwari Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_ISTI ZAHARAH_58500_620_2012.pdf] Text
B1_2_ISTI ZAHARAH_58500_620_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang ada di lapangan,
bahwa anak tunarungu di kelas D II B SLB Perwari Padang yang berjumlah tiga
orang belum dapat menyelesaikan masalah penjumlahan bilangan 1-20 deret
kesamping dalam pembelajaran matematika.
Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas
(Classroom Action Research). Data mengenai pemahaman anak diperoleh melalui
observasi dan tes, Peneliti melakukan kolaborasi dengan teman sejawat. Subjek
penelitian adalah tiga orang anak tunarungu kelas D II B SLB Perwari Padang.
Proses penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus yaitu siklus I dan
siklus II. Pelaksanaan siklus dimulai dari siklus pertama dan kedua dengan
menggunakan model pembelajaran creative problem solving dengan video
compact disk (vcd) sebagai alat bantu dengan bentuk permainan penjumlahan
yang berbeda. Sehingga setelah diberikan perlakuan anak akan memperhatikan
penggunaan video compact disk (VCD) dalam penjumlahan bilangan 1-20 deret
kesamping. Hasil dari siklus I ini dikategorikan belum optimal maka, dilanjutkan
pada siklus kedua. Pada siklus kedua anak meningkatkan penjumlahan bilangan 1
20 deret kesamping melalui model pembelajaran creative problem solving dengan
video compact disk (VCD) dalam bentuk permainan mencocokkan hasil
penjumlahan yang sama yang di tampilkan pada video compact disk (VCD)
dengan tujuan agar anak lebih mantap lagi dalam memahami penjumlahan
bilangan 1-20 deret kesamping. Hasil dari siklus II pemahaman anak terhadap
penjumlahan bilangan 1-20 mengalami peningkatan dengan perolehan skor nilai
mencapai 88,8 %.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran creative problem solving dengan video compact disk (VCD) dapat
digunakan sebagai upaya meningkatkan penjumlahan bilangan 1-20 deret
kesamping bagi anak tunarungu.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 26 May 2025 06:55
Last Modified: 26 May 2025 06:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12311

Actions (login required)

View Item
View Item