Perilaku Tidak Disiplin pada Siswa MAN 1 Muara Bungo Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi

Nurmawati, Nurmawati (2013) Perilaku Tidak Disiplin pada Siswa MAN 1 Muara Bungo Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_NURMAWATI_05756_5905_2013.pdf] Text
B1_4_NURMAWATI_05756_5905_2013.pdf

Download (718kB)

Abstract

MAN 1 Muara Bungo telah menetapkan aturan tata tertib sekolah bagi para siswa dengan tujuan agar siswa tersebut disiplin, namun pada kenyataanya aturan tata tertib itu banyak dilanggar oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan suatu gambaran tentang faktor penyebab perilaku tidak disiplin siswa MAN 1 Muara Bungo Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi serta upaya yang dilakukan sekolah untuk mengatasi perilaku tidak disiplin siswa di MAN Muara Bungo. Penelitian ini jenis evaluative dengan pendekatan positifistik. Pemilihan informan dilakukan dengan cara purposive sampling dengan informan kepala sekolah, TU, waka kesiswaan, guru kelas, guru bimbingan konseling, dan siswa-siswi MAN 1 Muara Bungo Provinsi Jambi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data, peneliti melakukan triangulasi data. Analisis data penelitian dilakukan menggunakan model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku dalam pelaksanaan tata tertib sekolah belum sesuai dengan aturan yang dibuat sehingga terjadi pelanggaran disiplin siswa di MAN 1 Muara bungo Provinsi Jambi. Penyebabnya adalah. pertama faktor psikologis yaitu: a. ketidakpedulian siswa terhadap aturan yang ada di sekolah yang disebabkan karena: 1) siswa ingin merasa bebas, 2) keinginan siswa untuk mengikuti trend, dan 3) perasaan bosan untuk belajar. b. Siswa tidak takut terhadap sanksi. kedua faktor dari guru, ketiga faktor dari aturan sekolah, dan keempat faktor sosial yaitu dari teman sebaya. Upaya yang dilakukan sekolah adalah dengan upaya preventif, represif dan kuratif. Upaya Preventif meliputi: sosialisasi tata tertib sekolah, dan kepala sekolah memberi pengarahan pada saat upacara. Upaya represif meliputi: melaksanakan razia, memberikan sanksi, dan menerapkan sistem denda. Upaya kuratif yaitu dengan cara penerapan bimbingan konseling oleh guru BK. Saran untuk penelitian selanjut yaitu Melakukan evaluatif terhadap perilaku edukatif guru di MAN 1 Muara Bungo. Guru dalam menerapkan aturan dan sanksi harus berperilaku adil dan konsisten. Pemberian sanksi hendaknya bernilai pendidikan dan memberi manfaat kepada siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perilaku, Disiplin, Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 26 May 2025 06:54
Last Modified: 26 May 2025 06:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12309

Actions (login required)

View Item
View Item