Radestra, Fajri (2016) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_FAJRI_RODESTRA_54849_1587_2016.pdf [thumbnail of B1_01_FAJRI_RODESTRA_54849_1587_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_FAJRI_RODESTRA_54849_1587_2016.pdf
Download (14MB)
Abstract
Kemampuan koneksi matematis siswa dalam pembelajaran matematika
diharapkan dapat berkembang secara optimal. Namun, pada kenyataan di
lapangan kemampuan koneksi matematis siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 3
Padang masih rendah. Kemampuan koneksi matematis yang rendah disebabkan
oleh strategi pembelajaran yang belum tepat. Salah satu upaya untuk
meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa adalah dengan menerapkan
model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (TPSq). Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengungkap apakah kemampuan koneksi matematis siswa yang
pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPSq lebih
baik dari yang menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI
MIPA SMA Negeri 3 Padang tahun pelajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian
randomized control group only design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI
MIPA SMA Negeri 3 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016. Sampel ditentukan
dengan menggunakan teknik penarikan sampel acak sederhana sehingga terpilih
kelas XI MIPA 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 7 sebagai kelas
kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes kemampuan
koneksi matematis. Data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan uji-t.
Berdasarkan hasil uji-t yang dilakukan, diperoleh bahwa nilai P pada kelas
sampel adalah 0,041. Hasil ini menunjukkan bahwa kemampuan koneksi
matematis siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Padang di kelas yang diterapkan
model TPSq lebih baik daripada di kelas yang diterapkan pembelajaran
konvensional untuk @ = 0.05. Perbedaan kemampuan yang dimiliki kelas sampel
disebabkan oleh perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen yaitu berupa
penerapan pembelajaran kooperatif tipe TPSq
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 07:39 |
Last Modified: | 10 Feb 2025 07:40 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1230 |