Amran, Amran (2011) Kontribusi Supervisi dan Insentif terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Kecamatan Mapat Tunggul Kabupaten Pasaman. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_01_AMRAN_93180_3886_2012.pdf
Download (242kB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan awal di lapangan, peneliti mendapat informasibahwa kinerja guru SD Kecamatan Mapat Tunggul Kabupaten Pasaman terkesankurang memuaskan. Apabila keadaan ini dibiarkan, akan berdampak terhadapkualitas pendidikan. Kondisi ini diduga disebabkan oleh banyak faktor,diantaranya kurangnya kegiatan supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah daninsentif yang diterima oleh guru kurang memadai. Penelitian ini bertujuan untukmengungkapkan kontribusi supervisi dan insentif terhadap kinerja guru SekolahDasar Kecamatan Mapat Tunggul Kabupaten Pasaman.Ada tiga hipotesis yang diuji melalui penelitian ini. Pertama, supervisiberkontribusi terhadap kinerja guru. Kedua, insentif berkontribusi terhadapkinerja guru. Dan ketiga, supervisi dan insentif secara bersama-sama berkontribusiterhadap kinerja guru.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasinya adalahseluruh guru SD Kecamatan Mapat Tunggul Kabupaten Pasaman sebanyak 132orang. Sampel terpilih sebanyak 60 orang dari populasi dengan menggunakanteknik stratified proportional random sampling dengan mempertimbangkan stratapendidikan dan masa kerja. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner modelskala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Kemudian data dianalisisdengan teknik korelasi dan regresi.Hasil analisis menunjukkan bahwa ketiga hipotesis yang diajukan dapatditerima pada taraf kepercayaan 95%. Ditemukan bahwa a) supervisiberkontribusi 13,90% terhadap kinerja guru, b) insentif berkontribusi 9,20%terhadap kinerja guru, dan c) supervisi dan insentif secara bersama-samaberkontribusi 19,30% terhadap kinerja guru. Sedangkan tingkat pencapaianresponden untuk kinerja guru berada dalam kategori cukup (75,60%), tingkatpencapaian responden untuk supervisi berada dalam kategori cukup (77,20%), dantingkat pencapaian responden untuk insentif berada dalam kategori cukup(76,40%). Disimpulkan bahwa supervisi dan insentif merupakan dua faktor yangsignifikan untuk peningkatan kinerja guru SD Kecamatan Mapat TunggulKabupaten Pasaman. Temuan ini berimplikasi bahwa upaya peningkatan kinerjaguru dapat dilakukan melalui kegiatan supervisi dan insentif yang dapat meningkatkan kinerja guru secara lebih baik.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Supervisi; Kinerja Guru; Sekolah Dasar; |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Wiwi Sartika S.Sos |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 09:20 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 09:20 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/123 |