Iswarni, Iswarni (2012) Upaya Meningkatkan Motivasi Menggunakan Tongkat dengan Mengekspos Tokoh-tokoh Tunanetra yang Sudah Berhasil (SSR pada Anak Tunanetra Kelas D.VI di SDLB Negeri Talawi). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_ISWARNI_58484_770_2012.pdf [thumbnail of B1_2_ISWARNI_58484_770_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_ISWARNI_58484_770_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari pengamatan yang peneliti lakukan di sekolah,
bahwa anak tunanetra yang menjadi subjek penelitian tidak mau menggunakan
tongkat padahal anak bisa menggunakan tongkat. Biasanya anak dibantu oleh
orang tua atau orang lain dalam mobilitas pada kehidupan sehari-hari.
Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi
menggunakan tongkat anak tunanetra dengan mengekspos tunanetra yang sudah
berhasil.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Single Subject Reaserch (SSR)
dengan desain A-B. Subjek penelitiannya adalah anak tunanetra X. Ukuran target
behaviornya yaitu berapa persen anak menggunakan tongkat yang diperoleh dari
pembobotan motivasi tidak pernah (0), kadang-kadang (1) dan sering (2).
Intervensi dilakukan dengan mengekspos tokoh tunanetra yang sudah berhasil.
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui prosedur pencatatan dengan
observasi langsung, dimana pencatatan dibuat dalam sebuah format penilaian
yang telah disediakan. Data yang diperoleh diolah dalam grafik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi anak menggunakan
tongkat meningkat setelah diberikan cerita tentang tokoh tunanetra yang sudah
berhasil. Ini terbukti pada fase baseline (A) dengan lima hari pengamatan
motivasi anak menggunakan tongkat hanya 10%. Setelah diberikan intervensi (B)
dengan 11 hari motivasi anak memegang tongkat (tekun memegang tongkat, ulet,
perhatian tidak bosan dan senang menggunakan tongkat) menjadi 100%. Dengan
demikian hipotesis dapat diterima, jadi mengekspos tokoh tunanetra yang sudah
berhasil efektif untuk meningkatkan motivasi menggunakan tongkat anak
tunanetra kelas D.VI di SDLB Negeri Talawi. Dari penelitian ini disarankan pada
guru dan peneliti selanjutnya agar menjadi pedoman dengan mengekspos tokoh
tokoh yang sudah berhasil untuk meningkatkan motivasi anak lainnya.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 26 May 2025 06:52 |
Last Modified: | 26 May 2025 06:52 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12297 |