Winata, Dicky Nugraha (2017) Pengembangan Modul Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Memahami Dasar-dasar Elektronika Di Kelas XI TITL SMK Muhammadiyah 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_DICKY_NUGRAHA_WINATA_1306192_123_2018.pdf [thumbnail of B1_03_DICKY_NUGRAHA_WINATA_1306192_123_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_DICKY_NUGRAHA_WINATA_1306192_123_2018.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang tersedianya bahan ajar pada mata pelajaran Memahami Dasar-dasar Elektronika (MDDE). Akibat dari kurang tersedianya bahan ajar siswa terbatasi untuk belajar secara aktif dan mandiri di kelas, secara tidak langsung mempengaruhi hasil belajar siswa untuk mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Oleh karena itu diperlukan pengembangan modul pembelajaran yang dirancang agar siswa lebih terarah dan membangkitkan kemampuan siswa sehingga dapat mengoptimalkan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan sebuah modul pembelajaran yang valid, praktis dan efektif pada mata pelajaran MDDE. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop) dan penyebaran (Dessiminate). Subjek penelitian ini adalah modul pembelajaran pada mata pelajaran MDDE dikembangkan terbatas pada kompetensi dasar Memahami Simbol-simbol Komponen Elektronika Pasif. Responden untuk uji coba praktikalitas dan efektivitas adalah siswa kelas XI TITL dan guru mata pelajaran MDDE. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar validasi yang diberikan kepada dua orang dosen Teknik Elektro dan guru mata pelajaran MDDE sebagai validator. Data praktikalitas menggunakan angket praktikalitas yang disebarkan kepada guru mata pelajaran MDDE dan siswa kelas XI TITL 2. Data efektivitas diperoleh dari hasil posttest siswa kelas XI TITL 2. Hasil pengujian validitas diperoleh pengembangan modul pembelajaran ini dinyatakan valid berdasarkan uji validitas oleh tim validator yaitu dengan rata-rata 0,83. Hasi uji praktikalitas guru diperoleh sebesar 97,1% dengan kategori sangat praktis dan siswa sebesar 94,8% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji efektivitas 93,7%. Dengan demikian penelitian ini telah menghasilkan modul pembelajaran MDDE yang valid, praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul pembelajaran, R&D, 4-D, Memahami dasar-dasar elektronika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1 |
Depositing User: | AKILMI AKILMI |
Date Deposited: | 26 May 2025 03:52 |
Last Modified: | 26 May 2025 03:52 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12288 |