Pengaruh Model Pembelajaran Predict Discuss Explain Observe Discuss Explain terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Kelas X MIPA SMAN 5 Bukittinggi

Yusni, Diana (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Predict Discuss Explain Observe Discuss Explain terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Kelas X MIPA SMAN 5 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_Diana_Yusni_15031053_1883_2019.pdf] Text
B1_03_Diana_Yusni_15031053_1883_2019.pdf

Download (8MB)

Abstract

Permasalahan penelitian mencakup rendahnya kompetensi belajar peserta didik dalam aspek pengetahuan, sikap maupun keterampilan yang diperoleh melalui observasi. Dibutuhkan suatu model pembelajaran yang efektif untuk menangani permasalahan tersebut. Salah satunya adalah model pembelajaran Predict Discuss Explain Observe Discuss Explain (PDEODE). Model ini merupakan inovasi dari model Predict Observe Explain (POE) yang menekankan kepada peserta didik untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran demi tercipta kompetensi belajar ke arah yang lebih positif. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran PDEODE terhadap kompetensi belajar peserta didik pada materi Plantae kelas X MIPA SMAN 5 Bukittinggi. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu menggunakan rancangan penelitian randomized control group posttest only design. Dengan populasi penelitian yang terdiri seluruh kelas sepuluh MIPA SMAN 5 Bukittinggi yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019 berjumlah 173 orang (lima kelas). Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 1 sebagai kontrol. Instrumen yang digunakan berupa soal posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Data penelitian diuji menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan kompetensi belajar peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Secara berturut-turut perbandingan nilai rata-rata peserta didik kelas eksperimen dengan kelas kontrol masing-masing kompetensi belajar adalah 74,88 > 67,42 pada kompetensi pengetahuan, 78,44 > 71,36 pada kompetensi sikap serta 80,29 > 72,24 pada kompetensi keterampilan. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima pada setiap kompetensi belajar peserta didik dalam seluruh aspek. Kesimpulan penelitian bahwa model pembelajaran PDEODE berpengaruh positif terhadap kompetensi belajar peserta didik pada materi Plantae di SMAN 5 Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran PDEODE, Kompetensi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: AKILMI AKILMI
Date Deposited: 26 May 2025 03:49
Last Modified: 26 May 2025 03:49
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12283

Actions (login required)

View Item
View Item