Hubungan antara Penerapan Metode Pengembangan Sosial dengan Kemampuan Bersosialisasi Anak PAUD di Kecamatan Nanggalo Padang

Marlina, Lili (2016) Hubungan antara Penerapan Metode Pengembangan Sosial dengan Kemampuan Bersosialisasi Anak PAUD di Kecamatan Nanggalo Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_LILI_MARLINA_1109444_462_2016.pdf] Text
B1_4_LILI_MARLINA_1109444_462_2016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan bersosialisasi anak di beberapa PAUD di Kecamatan Nanggalo masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara penerapan metode pengembangan sosial dengan kemampuan bersosialisasi anak PAUD di Kecamatan Nanggalo Padang.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang merupakan bagian dari metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling. Sampel penelitian 31 orang pendidik PAUD. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis data dengan rumus persentase dan product moment.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pengembangan sosialisasi masih rendah. Kemampuan bersosialisasi anak juga masih rendah, dan terdapat hubungan yang sangat signifikan antara penerapan metode pengembangan sosialisasi dengan kemampuan bersosialisasi anak di Kecamatan Nanggalo, Padang dengan rhitung> rtabel baik taraf standar kesalahan 5% (0,355) maupun tingkat kebebasan 1% (0,456). Berdasarkan temuan penelitian dapat disarankan kepada pendidik untuk lebih meningkatkan pemberian metode dalam pembelajaran khususnya dalam menunjang kemampuan bersosialisasi anak PAUD di Kecamatan Nanggalo, Padang. Kepada lembaga PAUD agar lebih banyak memperhatikan perkembangan anak PAUD khususnya kemampuan anak dalam bersosialisasi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 26 May 2025 03:40
Last Modified: 26 May 2025 03:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12276

Actions (login required)

View Item
View Item